Tiga Anggota Polri yang Terima Penghargaan Hoegeng Awards 2022

3 July 2022 - 01:49 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Penerima Hoegeng Awards 2022 sudah diumumkan, dan ketiganya merupakan anggota Polri yaitu; Aipda Rohimah, Brigjen Eko Rudi Sudarto, dan Irjen Akhmad Wiyagus.

Adapun penganugerahan Hoegeng Awards 2022 tersebut dihadiri Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sampai dengan Chairman of CT Corp Chairul Tanjung. Acara tersebut digelar di The Tribrata Darmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/22).

Aipda Rohimah dianugerahi Hoegeng Awards 2022 masuk dalam kategori Polisi Berdedikasi. Polwan yang akrab disapa dengan nama Mpok Imeh tersebut sebelumnya diusulkan oleh masyarakat untuk dianugerahi Hoegeng Awards 2022.

Berdasarkan keterangan warga, Aipda Rohimah merupakan Polwan yang berjiwa sosial tinggi dan hidup sederhana. Kanit Binmas Polsek Muara Gembong itu juga dinilai sebagai polisi yang patut diteladani. Aipda Rohimah memang dikenal sebagai sosok polisi yang berjuang membantu kaum jompo kurang beruntung.

Dirinya menggulirkan program Geserin. Geserin adalah singkatan dari Gerakan Seribu Koin. Program itu digulirkan Aipda Rohimah selaku Kepala Unit Pembinaan Masyarakat (Kanit Binmas) Polsek Muara Gembong.

Sementara itu, Brigjen. Pol. Eko Rudi Sudarto dianugerahi Hoegeng Awards 2022 kategori Polisi Inovatif dan merupakan Polisi yang telah berupaya memenangkan hati dan pikiran warga Papua agar warga tidak tertarik pada propaganda kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Wakapolda Papua tersebut dikenal sebagai polisi yang berhasil menjalankan pemberdayaan sosial warga, bahkan di sarang KKB dan mengedepankan cara sosial-kemanusiaan, bukan dengan angkat senjata.
Salah satu cara sosial-kemanusiaan yang dilakukan Brigjen. Pol. Eko yaitu dengan memberi pelatihan ternak kepada warga Papua. Misalnya, ternak babi.

Agama Islam yang dianut Brigjen. Pol. Eko tak menghalanginya untuk memberdayakan masyarakat Papua dengan hewan yang memang biasa dipelihara di Papua itu.

Dan, terakhir Irjen. Pol. Akhmad Wiyagus dianugerahi Hoegeng Awards 2022 kategori Polisi Berintegritas.
Saat awal diusulkan menjadi kandidat Hoegeng Awards 2022, Irjen. Pol. Akhmad Wiyagus adalah Kapolda Gorontalo. Namun kini dipindahtugaskan menjadi Kapolda Lampung.

Irjen. Pol. Akhmad Wiyagus merupakan mantan penggawa KPK dan dikenal bawahan dan koleganya sebagai sosok Polisi yang antisuap dan tidak bisa dinego.

Karena itu, Irjen. Pol. Akhmad Wiyagus dipilih Dewan Pakar masuk menjadi kandidat hingga akhirnya didapuk menerima Hoegeng Awards 2022 kategori Polisi Berintegritas.

Share this post

Data Perkembangan Covid-19 Indonesia

Positif

6.431.624

Sembuh

6.255.918

Meninggal

158.112

Sumber: covid19.go.id
Last Updated: 2 October 2022 - 09:01
Sign in to leave a comment