Tetap Jaga Protokol Kesehatan, Kapolda Jatim Harapkan Masyarakat Berpartisipasi Dalam Pilkada 2020

21 August 2020 - 15:59 WIB
Tribratanews.polri.go.id-Surabaya. Kapala Kepolisian Daerah Jawa Timur (Kapolda Jatim) Irjen. Pol. Dr. Drs. H.M. Fadil Imran, M.Si. mengungkapkan harapannya pada Pilkada 2020 nanti. Jenderal Bintang Dua tersebut berharap masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam Pilkada 2020, meskipun tengah berada di situasi pandemi.

“Mudah-mudahan dengan menaati protokol kesehatan, baik dari penyelenggara, masyarakat, tim sukses dan pasangan calon beserta TNI Polri, partisipasi pemilih bisa maksimal di angka 70-80 persen bisa hadir, sehingga kita bisa mewujudkan demokrasi,” jelas Kapolda Jatim. (20/8/20).

Orang nomor satu di Polda Jatim tersebut mengatakan, Polri siap mengawal Pilkada 2020 yang aman damai dan sejuk. Untuk menjaga suhu politik menjelang Pilkada 2020, Polri telah menyiapkan dua mekanisme yaitu Satgas Nusantara dan Operasi Mantap Praja.

Dimana Satgas Nusantara tersebut bertugas untuk menjaga tahapan Pilkada di tingkat akar rumput agar tetap aman, damai, dan sejuk. Sementara itu, Operasi Mantap Praja, bertugas untuk mengamankan tahapan-tahapan yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu baik KPU maupun Bawaslu, seperti tahapan coklit, pengumuman pasangan calon, deklarasi dan sebagainya.

Diketahui sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Arief Budiman juga sudah mengimbau kepada semua pihak untuk tetap mematuhi penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 saat pelaksanaan Pilkada 2020.

"Jadi mudah-mudahan penerapan protokol kesehatan itu bisa dipahami, dipatuhi, diimplementasikan oleh semua pihak," kata Arief saat menjadi pembicara dalam acara webinar PolitikFest, Sabtu (15/8/20).

(af/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment