Tekan Penyebaran Covid-19, Kapolda Metro Jaya Bersama Pangdam Jaya dan Pemprov DKI Luncurkan Kampung Tangguh Jaya

9 December 2020 - 08:00 WIB
Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran bersama Pemerintah Daerah DKI Jakarta dan Pangdam Jaya menggagas berdirinya Kampung Tangguh Jaya sebagai upaya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Jakarta dan sebagai terobosan sekaligus percontohan untuk menekan penyebaran Covid-19 di wilayah Ibu Kota, Kapolda Metro Jaya, bersama Pemerintah DKI Jakarta dan Pangdam Jaya meresmikan Kampung Tangguh Jaya di Kelurahan RW 16 Kelurahan Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat.

Kampung Tangguh Jaya merupakan kolaboratif tiga pilar yaitu Pemerintah DKI Jakarta, Pangdam Jaya dan Polda Metro Jaya yang melibatkan semua unsur elemen masyarakat. “Kampung tangguh ini pondasinya kegotongroyongan, tiangnya adalah kebersamaan, atapnya adalah kerukunan. Bangsa ini sangat dikenal dengan sifat-sifat tersebut. Kampung tangguh ini diharapkan menghadirkan kembali sifat asli bangsa Indonesia yang gotong royong, guyub, rukun dan memiliki nilai kebersamaan. Sehingga ketika ada saudara yang terkonfirmasi positif, ketika ada warganya yang terdampak secara sosial ekonomi maka warga akan bersama-sama melakukan langkah-langkah di bawah dukungan pemerintah dan TNI-Polri,” jelas Kapolda di Cengkareng, Jakarta Barat, Selasa (8/12/20).



Irjen Pol Fadil Imran berharap, dengan adanya kampung tangguh ini tak ada lagi warga Cengkareng yang terkonfirmasi Covid-19. Kemudian, Satgas Covid bisa melakukan 3T seminggu sekali. "Jadi ada yang bergejala lakukan testing. Saya harap bisa rapid test setiap RW maka masyarakat ini bisa lakukan 3 T (Testing, Tracing dan Treatment). Apabila ada yang bergejala dilakukan test dan dipisahkan dari keluarga," jelas Kapolda.

Kapolda juga mengatakan apabila Kampung Tangguh berjalan efektif maka penyebaran COVID-19 bisa dibendung. Dia pun berjanju akan menambah Kampung Tangguh di Jakarta Barat. "Jadi sistem ini dibangun untuk bantu masyarakat. Negara hadir agar masyarakat dapat pelayanan maksimal. Saya yakin Gubernur dan jajaran Provinisi DKI akan sangat bersemangat bersama kami. Ini proyek kolaborasi Pemprov DKI, Polda Metro, dan Kodam Jaya berjuang untuk kesehatan warga," terang Jenderal Bintang Dua tersebut.

(bg/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment