Survei Indikator: Polri Tindak Pelaku Kejahatan Tanpa Pandang Bulu

26 March 2023 - 18:26 WIB
Divisi Humas Polri

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Survei Indikator menunjukkan adanya peningkatan kepercayaan terhadap Polri meningkat, menjadi 70,8%. Peningkatan tersebut terjadi karena adanya perubahan menuju yang lebih baik dan konsisten yang dilakulan Korps Bhayangkara.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyatakan, sebelumnya Polri sering kali menjadi objek kritik publik. Namun, belakangan ini, Polri terlihat semakin konsisten dalam menjalankan tugas tanpa adanya intervensi dari pihak luar.

Baca juga : Survei Indikator Politik: Kepercayaan Kepada Polri Naik Jadi 70,8%

“Hal ini tercermin dari penanganan beberapa kasus yang dilakukan oleh Polri, di mana Polri terbukti mampu menindak tegas pelaku kejahatan tanpa pandang bulu,” ujar Burhanuddin saat memaparkan hasil survei bertajuk ‘Dinamika Elektoral Capres dan Cawapres Pilihan Publik Dalam Dua Surnas Terbaru’ secara virtual, Minggu (25/3/23).
 
Survei terkait tingkat kepercayaan terhadap lembaga ini dilakukan pada 9-16 Februari 2023 dengan jumlah sampel sebanyak 1.220 orang. Sampel berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional.

Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 1.200 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error--MoE) sekitar ±2.9% pada tingkat kepercayaan 95%.
 
Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti.


(ay/af/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment