Sudah Mulai Rampung, Menhub Sebut Bandara IKN Beroperasi Agustus 2024

4 June 2024 - 21:00 WIB
RRI

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Dr. (H.C.) Ir. Budi Karya Sumadi, menyatakan bahwa Bandara Ibu Kota (IKN) Nusantara akan beroperasi pada 1 Agustus 2024 mendatang. Pasalnya, sejumlah fasilitas dan gedung terminal sudah mulai rampung sesuai rencana.

“Untuk landasan pacu dan gedung terminal, perubahannya signifikan dan terlihat jelas, jika dibandingkan saat saya terakhir kesini pada April 2024. Kemajuan ini tentu sangat menggembirakan,” ujarnya, dilansir dari laman RRI, Selasa (4/6/24).

Oleh karena itu, Menhub sangat mengapresiasi seluruh pihak yang bekerja keras dalam pembangunan Bandara IKN Nusantara. Menhub berharap kerja sama ini dapat mewujudkan komitmen untuk menyelesaikan Bandara IKN pada 1 Agustus 2024. 

Baca Juga: Kapolda NTT Sambut Kedatangan Pangdam IX/Udayana di Bandara El Tari Kupang

“Juli mendatang kami akan melakukan uji coba dan siap dioperasikan. Ini kita lakukan untuk memperingati Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus nanti," ujarnya.

Dalam keterangannya ia mengatakan progres pekerjaan fisik Bandara IKN hingga Minggu Ke-25 telah mencakup beberapa aspek. Aspek itu meliputi pekerjaan baja, instalasi pipa plumbing, atap, dinding, dan elektrikal di Terminal VVIP.

“Kemudian pekerjaan kolom, instalasi pipa plumbing, dan rangka baja di Terminal VIP. Selanjutnya, pekerjaan struktur atas lantai 1-4 Gedung ATC, pekerjaan pilecap dan instalasi plumbing Gedung Administrasi dan Operasional,” tutupnya.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment