Stop Hoax, Saring Sebelum Sharing

10 October 2021 - 10:05 WIB
Tribratanews.polri.go.id-Di era teknologi 4.0, kita harus lebih berhati hati dalam bermedia sosial ya Sobat Polri. Pastikan kamu tidak menkonsumsi informasi yang ternyata adalah hoax.

Arti hoax sendiri adalah informasi yang direkayasa untuk menutupi informasi sebenarnya.

Penyebaran informasi yang cepat tentunya ada sisi positif dan sisi negatif. Dimana sisi positif menunjukan peningkatan penyerapan informasi dalam keseharian masyarakat. Namun sisi negatifnya adalah kualitas dan kebenaran informasi yang sulit untuk dipastikan ditambah lemahnya kemampuan literasi masyarakat dalam menyaring informasi.

Media sosial sebagai alat bantu menerima informasi tersebut telah menjadi hal yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. Hanya hitungan menit bahkan detik informasi dapat menyebar dengan cepat.

Cepatnya penyebaran informasi tersebut terkadang dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu untuk menyebarkan berita kebencian, Provokasi, dan Hoax yang terkadang memberikan efek buruk bagi masyarakat termasuk generasi muda.

Maka dari itu, Croscek lagi informasi yang kamu dapatkan dari media sosial dan jangan lupa tetap mematuhi etika dan sopan santun dalam bermedia sosial maupunmedia online.

SARING SEBELUM SHARING

Share this post

Sign in to leave a comment