Setelah di Revitalisasi, Museum Nasional Indonesia Dibuka 15 Oktober

18 September 2024 - 09:30 WIB
RRI

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Pada 15 Oktober 2024 usai revitalisasi pasca-kebakaran September 2023, Museum Nasional Indonesia akan kembali dibuka. Saat ini, proses revitalisasi intensif selama setahun terakhir telah mencapai tahap signifikan.

Hak itu tidak hanya menyangkut perbaikan fisik bangunan museum serta penyelamatan berbagai koleksinya. "Kami juga memperluas bangunan museum," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Indonesian Heritage Agency, Ahmad Mahendra, dilansir dari laman RRI, Selasa (17/9/24).

Dalam keterangannya ia mengungkapkan bahwa proses revitalisasi melibatkan berbagai langkah penanganan komprehensif dimulai dari pendataan kerusakan akibat kebakaran.

"Ini dilakukan secara paralel dengan pemindahan serta dokumentasi untuk memastikan konservasi yang akurat," ujarnya.

Selanjutnya ia juga menambahkan Museum Nasional Indonesia juga akan membangun ekosistem yang relevan dengan kebutuhan generasi muda.

"Nantinya akan banyak pelayanan yang diharapkan bisa meningkatkan partisipasi publik terhadap museum ini," ujarnya.

Gedung Museum Nasional Indonesia, yang juga dikenal sebagai Museum Gajah, mulai beroperasi sejak 1868. Bangunan bersejarah ini tutup selama setahun lebih akibat kebakaran pada 16 September 2023.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment