Sekneg Sebut Persiapan KTT ASEAN Capai 90 Persen

5 May 2023 - 19:00 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama menyatakan persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, sudah mencapai 90 persen.

"Dengan kerja sama, sinergi dari kementerian dan lembaga, dan juga dari semua aparat yang terlibat, alhamdulillah persiapan sampai dengan hari ini sudah mencapai 90 persen," ujar Setya dalam Dialog FMB9 Kesiapan KTT ASEAN 2023 yang diikuti secara dalam jaringan di Jakarta, Jumat (5/5/2023).

Sedangkan 10 persen persiapan lainnya, kata Setya, akan dilakukan mendekati agenda puncak KTT ASEAN yang berlangsung pada 10 dan 11 Mei 2023.

"Persiapan yang 10 persennya lagi adalah persiapan-persiapan yang memang harus disiapkan H-1. Misalnya, bunga basah, kemudian pengaturan meja dan kursi. Itu bisa kami lakukan H-1 karena pada hari sebelumnya venue masih digunakan untuk acara-acara yang lain," jelas Satya.

Baca Juga:  Kapolri Raih Penghargaan Dari International Association of Women Police

"Rangkaiannya dimulai dari tanggal 6 Mei sebetulnya. Kedatangan dari permanent representative ASEAN, kemudian sekretariat ofisial, dan delegasi di Labuan Bajo," tambah Satya.

Kemudian, pada 7 Mei akan ada pertemuan Committee of Permanent Representative (CPR) ASEAN yang diselenggarakan di Golo Mori. Setelah itu, pada 8 Mei akan diselenggarakan pertemuan SOM (Senior Officials Meeting) ASEAN di tempat yang sama.

"Kami sudah siapkan MICE (meeting, incentive, conference, and exhibition) Golo Mori; infrastrukturnya, didukung oleh banyak pihak termasuk BUMN, PUPR, dan lain-lain," ujar Setya. Sementara pada 9 Mei, akan diselenggarakan ASEAN Foreign Ministers Meeting yang bertempat di Hotel Ayana.

Rangkaian acara KTT ASEAN 2023 nantinya akan ditutup dengan press briefing oleh Presiden RI Joko Widodo di Hotel Bintang Flores.

"Seluruh acara akan ditutup dengan press briefing oleh Bapak Presiden. Bapak Presiden akan menuju Hotel Bintang Flores dan di sana akan memberikan briefing kepada seluruh media yang hadir," tutup Satya.

(ndt/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment