Sambut Hari Bhakti Postel ke-79, Kominfo Angkat Tema "Nusantara Digital untuk Indonesia Maju

27 September 2024 - 14:22 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Tanggal 27 September 2024 memperingati Hari Bhakti Postel ke-79. Hari ini diperingati oleh Komunitas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), baik dari kalangan pemerintah, penyelenggara, pegiat, maupun masyarakat secara umum

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria, S.Fil., M.Sc.,M.B.A.a mengatakan Hari Bhakti Postel (pos dan telekomunikasi) ke-79 yang mengangkat tema "Nusantara Digital untuk Indonesia Maju," menjadi momentum memajukan sektor pos, telekomunikasi, dan penyiaran di Indonesia."Mari kita jadikan peringatan Hari Bhakti Postel ini sebagai momen untuk merayakan pencapaian yang telah kita raih, seraya memperkuat komitmen untuk senantiasa berkontribusi dalam menyebarkan informasi yang berkualitas, mencerdaskan masyarakat, dan terus memajukan sektor pos, telekomunikasi, dan penyiaran Indonesia, demi mewujudkan Indonesia Emas 2045," ungkap Nezar Patria. Jumat (27/9/24)
Baca Juga: Menkumham Dorong Partisipasi Pemilih Pemula dalam Pilkada 2024


Nezar Patria juga menyoroti pencapaian signifikan yang telah diraih Indonesia di sektor telekomunikasi, pos, dan penyiaran, terutama dalam satu dekade terakhir, penetrasi internet yang pada tahun 2014 yang hanya mencapai 34 persen dari total populasi, kini telah meningkat menjadi hampir 80 persen pada tahun 2024.

Pembangunan infrastruktur telekomunikasi juga terus dilakukan intensif, terutama di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T), yang kini telah mencapai cakupan 97 persen wilayah pemukiman di Indonesia.

Nezar Patria juga menyampaikan Kemajuan signifikan dalam sektor telekomunikasi ini diyakini tidak hanya berdampak pada pertumbuhan ekonomi, tetapi juga memberikan nilai tambah sosial bagi masyarakat.

Wamenkominfo juga menjelaskan Konektivitas yang semakin membaik, membuka peluang baru di ruang digital yang dapat dimanfaatkan untuk mendorong kreativitas, produktivitas, dan keamanan, sehingga menciptakan dampak ekonomi positif bagi masyarakat.

Wamenkominfo itu mengatakan Kementerian Kominfo telah meluncurkan Visi Indonesia Digital (VID) 2045, sebagai salah satu alternatif peta jalan transformasi digital nasional.

Infrastruktur digital menjadi fondasi utama dalam menopang tiga pilar arah pembangunan Indonesia di bidang digital, yaitu ekonomi digital, pemerintahan digital, dan masyarakat digital.

"Harapannya, VID 2045 dapat menjadi acuan dalam memajukan industri pos dan telekomunikasi, demi mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045," tutup Wamenkominfo

(pt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment