Punya Potensi Wisata, Kemenparekraf Ajak Mahasiswa Kembangkan Wisata Palembang

17 September 2024 - 14:00 WIB
RRI

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A., mengajak para mahasiswa untuk mengembangkan potensi wisata di Palembang.

Palembang punya potensi wisata yang patut diperkenalkan lewat event-event berkualitas, misalnya event olahraga.

"Jadi Palembang ini adalah pusat pengembangan dari pada sports tourism di Indonesia. Inilah yang dikhususkan oleh Poltekpar Palembang untuk menarik event-event olahraga kelas dunia itu ke Palembang," ujarnya, dilansir dari laman RRI, Selasa (17/9/24).

Selanjutnya ia juga mengungkapkan bahwa tidak hanya sebagai destinasi wisata olahraga, Palembang merupakan destinasi yang dikenal dengan wisata kuliner. Berdasarkan hasil Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PM3KI) kuliner terpilih sebagai subsektor ekraf andalan di Palembang.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 3.3 Guncang Wilayah Tahuna, Kepulauan Sangihe

“66 persen orang yang berwisata itu setiap berkunjung ke destinasi wisata mereka selalu mencari kuliner khas lokal. Jadi Palembang ini bisa diajukan menjadi kota kreatif UNESCO sehingga bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja yang lebih luas lagi bagi masyarakat kota Palembang," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Poltekpar Palembang, Iwan Riady, mengatakan pihaknya siap memperkuat dan mendidik talenta-talenta baru. Khususnya, dalam upaya mengembangkan potensi parekraf di "Bumi Wong Kito".

“Semoga kegiatan ini membawa banyak manfaat untuk para peserta dan dapat membangkitkan semangat dan motivasi para peserta, khususnya mahasiswa. Sehingga memiliki kemauan dan kemampuan untuk lebih kreatif, inovatif dan berkarya positif, demi kemajuan bangsa kita di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif,” tutupnya.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment