Presiden RI Resmikan Papua Football Academy di Jayapura

31 August 2022 - 14:14 WIB

Tribratanews.polri.go.id – Sentani. Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo meresmikan Papua Football Academy (PFA) PT Freeport Indonesia di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Rabu (31/08/22).

Peresmian disaksikan para pejabat di Papua mulai dari Sekda Papua Muhammad Ridwan Rumasukun yang mewakili Gubernur Papua Lukas Enembe, kemudian Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E., M.M., Kapolda Papua Irjen. Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K.

Dalam kesempatannya Presiden RI Ir. H. Joko Widodo menjelaskan bahwa telah meminta komitmen PT Freeport Indonesia untuk pembangunan SDM di Tanah Papua pada November 2021. Ia meminta agar fasilitas-fasilitas yang telah digunakan PON dapat dirawat dengan baik. “Saya juga minta dibangun Papua Football Academy dan hari ini sudah terwujud,” tegas Presiden RI ke - 7.

Tanah Papua telah melahirkan talenta-talenta berbakat. Banyak putra-putra berbakat Papua yang bersinar di dunia Sepak Bola Tanah Air. Papua Football Academy akan menjadi wadah generasi sepak bola di Tanah Papua.

“Saya berharap anak-anak di Papua Football Academy memanfaatkan dengan baik kesempatan yang telah diberikan untuk menimba ilmu di bidang Sepak Bola ini,” harap Ir. H. Joko Widodo.

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Tony Allen Wenas menyampaikan, pembangunan Papua Football Academy merupakan amanat dari Presiden RI Jokowi. Hal ini juga selaras dengan tujuan PT Freeport Indonesia untuk menumbuhkan Olahraga Academy di Papua hingga terbukti pada PON XX.

“Academy ini tidak melatih dari teknis sepak bola, akan tetapi juga pembentukan karakter anak, tegas Tony Wenas.

Tercatat sudah ada 30 anak yang akan dididik melalui Papua Football Academy. Mereka merupakan hasil seleksi dari 477 orang anak, sehingga diharapkan dapat dididik dan dibina pelatih profesional untuk menjadi pemain sepak bola yang handal di masa depan.


Share this post

Sign in to leave a comment