Operasional Bandara Samratulangi Ditutup Sementara Akibat Erupsi Gunung

18 April 2024 - 14:00 WIB
RRI

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Penutupan Operasional Bandara Sam Ratulangi di Manado akibat terdampak abu vulkanik Gunung Ruang, Sulawesi Utara.

Operasional Bandara Sam Ratulangi di Manado ditutup sementara akibat terdampak abu vulkanik Gunung Ruang, Sulawesi Utara. Penutupan operasional bandara dilakukan mulai tanggal, Rabu (17/4/2024), hingga Kamis (18/4/2024) pukul 19.26 WITA.

Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VIII Manado, Ambar Suryoko, menyebutkan bahwa pihaknya harus melakukan penutupan operasional penerbangan Bandara Samratulangi karena sebaran abu vulkanik yang dapat membahayakan keselamatan penerbangan.

Baca Juga: Jelang Penerimaan Polri, Biro SDM Polda Sumbar Lakukan Sosialisasi di Sitinjau Lauik

Pihaknya akan terus melakukan monitoring dan pengawasan perkembangan situasi Gunung Ruang dan dampaknya terhadap bandara-bandara di sekitar. Pengamatan lapangan dilakukan dengan interval 30 menit sampai 1 jam sekali pada beberapa titik di sekitar bandara.

“Saya berharap masyarakat khususnya calon penumpang dapat memahami jika ada keterlambatan dan pembatalan penerbangan. Saat ini yang terdampak 5 keberangkatan dan 4 kedatangan dengan status delay, cancel dan divert," ujarnya, dilansir dari laman RRI, Kamis (17/04/24).

Dalam keterangannya ia mengimbau kepada maskapai penerbangan untuk memberikan kompensasi kepada penumpang yang telah membeli tiket. Termasuk pemberian opsi full refund (pengembalian tiket), reschedule (penjadwalan ulang), ataupun re-route (mengubah rute) ke bandara terdekat.

"Kami akan terus memantau situasi dan berkoordinasi dengan stakeholder terkait dalam penanganan force majeure ini. (Hal ini) agar dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan demi keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan," tutupnya.

(fa/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment