Menjelang Idul Adha, Ketersediaan Suplai Pangan di Jakarta Aman

16 June 2024 - 10:15 WIB
kbanews

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Ketua Umum Kadin DKI Jakarta, Diana Dewi, mengatakan, ketersediaan suplai pangan jelang Iduladha terbilang aman.

Menurutnya, kenaikan harga yang terjadi menjadi di pasar menjelang hari raya besar terbagi menjadi dua alasan. Yaitu kurangnya suplai dan permintaan demand yang tinggi. 

Selanjutnya ia mengatakan bahwa pada tahun 2024, ketersediaan pemasukan daging masih terkendali, begitupun dengan harga masih dalam batas aman.

"Tidak ada kenaikan harga yang rasional, pulau jawa maupun luar masih aman," ujarnya, dilansir dari laman RRI, Sabtu (15/6/24).

Baca Juga: Kapolri Beri Dua Anggotanya Pin Emas Atas Prestasi Saat Pendidikan di UEA

Stabilnya harga pasar terjadi karena banyak penyangga usaha di bidang pangan. Salah satunya adalah sektor swasta, mereka hadir dalam upaya menjaga kestabilan harga pangan di pasar.

Diana Dewi, menjelaskan, jika tidak ada sektor swasta, pemerintah saat ini pasti kewalahan untuk menstabilkan harga pasar. Meskipun masih terbilang aman, faktor lainnya yang menjadi tantangan adalah buruknya bagian logistik dan distribusi. 

"Produk-produk yang seharusnya dikerjakan ke setiap daerah selalu terlambat. Kami takut kualitas menurun, kalau sudah menurun akan berpengaruh sama harga pasar," jelasnya.

Di akhir kesempatan ia berharap semoga pemerintah bisa menemukan solusi yang tepat dalam menangani arus logistik dan distribusi. Agar kedepannya tidak ada kualitas barang yang menurun. 

(fa/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment