Kapolda Kalsel Imbau Masyarakat Menyiapkan Diri Saat Melakukan Perjalanan Mudik

18 April 2023 - 09:30 WIB
Foto: Antaranews

Tribratanews.polri.go.id - Banjarmasin. Kepala Kepolisian Daerah Kalsel, Irjen. Pol. Andi Rian Ryacudu Djajadi, S.I.K, MH., mengimbau masyarakat yang akan menggunakan kendaraan pribadi agar betul-betul menyiapkan dirinya sehingga dapat menempuh perjalanan sampai ke tujuan dengan selamat.

"Pastikan kondisi badan sehat dan bugar, jika dalam perjalanan mengantuk segera berhenti istirahat di pos-pos Operasi Ketupat yang kami sediakan," jelasnya, seperti dilansir Antaranews, Senin (17/4/23).

Sebagai informasi, mudik Lebaran tahun ini, pihak Kepolisian Daerah Kalsel telah mengerahkan sebanyak 2.238 personel gabungan untuk mengamankan mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah dalam Operasi Ketupat Intan tahun 2023.

Operasi tersebut dilaksanakan Polda dan seluruh Polres jajaran selama 14 hari terhitung mulai 18 April hingga 1 Mei 2023 mendatang.

Baca Juga:  Kapolri Imbau Pemudik Taati Aturan Demi Cegah Kecelakaan

Pihak Polda Kalsel telah mendirikan 38 posko terdiri dari Pos Pengamanan, Pos Pelayanan dan Pos Terpadu di sepanjang jalur mudik dan area keramaian masyarakat lainnya. Ditambah, selain jalur darat di sepanjang lintas Jalan Ahmad Yani penghubung antar kabupaten dan kota di Kalsel, petugas juga difokuskan untuk pengamanan terminal, bandara dan pelabuhan.

Jenderal bintang dua tersebut menekankan anggotanya dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melakukan perjalanan mudik termasuk ketika perayaan Idul Fitri yang ditandai Salat Id berjamaah. Di tempat hiburan masyarakat dan objek wisata juga diingatkannya untuk kehadiran petugas yang maksimal demi menjaga kondusifitas.

"Objek wisata pantai biasanya paling banyak pengunjungnya, pastikan keamanan pengunjung terutama anak kecil agar tidak lepas dari pengawasan orang tua," tegasnya.

Untuk keamanan lingkungan pemukiman Kapolda juga memberikan atensi, mengingat akan ada banyak rumah kosong ditinggal penghuninya mudik.

Diakhir kesempatannya, Kapolda berpesan kepada masyarakat untuk memberitahukan ke Bhabinkamtibmas jika rumah kosong ditinggal mudik sehingga Polsek setempat bisa melakukan pemetaan agar dilakukan patroli secara intens mencegah tindak pencurian.

(fa/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment