Indonesia Setuju Negosiasi dengan Vietnam soal Ketahanan Pangan

26 April 2024 - 18:30 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan pemerintah setuju Indonesia bernegosiasi dengan Vietnam terkait ketahanan pangan.

"Tadi saya juga lapor kepada Bapak Presiden hasil pembicaraan saya dengan Perdana Menteri (Vietnam). Dan kemudian saya follow up di pertemuan saya dengan Menlu (Vietnam)," ujar Menlu Retno, Jumat (26/4/24).

Baca Juga: Pemilu 2024 Berjalan Damai, Kapolda Jateng ungkap Terimakasih Kepada Semua Kaum Buruh dan Pekerja

"Bahwa kedua negara sudah membuat perjanjian mengenai masalah ketahanan pangan antara Indonesia dengan Vietnam dan negosiasi akan segera kita lakukan. Tadi saya laporkan ke Pak Presiden dan Bapak Presiden mengatakan, 'oke segera siapkan untuk kita bisa mulai negosiasi'," lanjut Menlu Retno.

Sebelumnya, Menlu Retno melakukan kunjungan kerja ke Hanoi Vietnam, Rabu (24/4/24). Di sana, ia melakukan pertemuan -5 Joint Commission on Bilateral Cooperation (JCBC) Indonesia-Vietnam yang dipimpin dirinya dan Menlu Vietnam Bui Thanh Son.

Dalam pertemuan itu, Indonesia-Vietnam sepakat menargetkan nilai perdagangan bilateral kedua negara mencapai USD18 miliar atau lebih pada 2028. Angka tersebut naik dari target semula yang hanya mencapai USD15 miliar.

"Untuk mencapai target ini, kedua negara perlu terus mengurangi hambatan dagang dan segera menuntaskan perjanjian ketahanan pangan. Serta mengoptimalkan peran Joint Committee on Economic, Scientific and Technical Cooperation (JC-ESTC)," ungkap Menlu Retno.

(ndt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment