Dokter Sebut Tindakan Medis UKA Atasi Pemulihan Lebih Cepat

23 June 2024 - 20:30 WIB
Antaranews

Tribratanews.polri.go.id - Tangerang. Konsultan Orthopedi Siloam Hospitals Lippo Village, dr.John C.P. Butarbutar, mengatakan tindakan medis Unicompartmental Knee Arthroplasty (UKA) untuk mengatasi nyeri lutut memungkinkan pemulihan yang lebih cepat.

"Metode UKA ini berbeda dengan operasi total Knee Replacement atau TKR yang menggantikan seluruh sendi lutut. UKA hanya menargetkan area yang bermasalah," ujarnya, dilansir dari laman Antaranews, Sabtu (22/6/24).

Baca Juga: Peringati HUT Bhayangkara ke-78, Polres Lanny Jaya Laksanakan Pembagian Sembako

Dalam kesempatannya ia menjelaskan merupakan prosedur bedah hanya menggantikan bagian yang rusak dari sendi lutut. Penanganan nyeri lutut melalui tindakan medis Unicompartmental Knee Arthroplasty atau disingkat UKA adalah prosedur bedah minimal invasif di sisi medial atau bagian dalam maupun lateral yakni bagian luar.

Dengan metode ini, pasien juga merasakan rasa sakit yang lebih minimal dan penggunaan obat penghilang rasa sakit yang lebih sedikit.

Layanan ini diperuntukkan untuk sejumlah pasien yang menderita osteoarthritis atau cedera lutut traumatis menjadi kandidat yang tepat untuk UKA.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment