Bertemu Wapres, Menlu Tegaskan Konsistensi Indonesia Mendukung Kemerdekaan Palestina

18 April 2024 - 10:30 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menemui Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin di Istana Wapres, Jakarta, Rabu (17/4/24).

Dalam pertemuan itu, Menlu Retno melaporkan mengenai konsistensi Indonesia dalam mendukung kemerdekaan Palestina.

Ia menampik secara tegas adanya pemberitaan bahwa Indonesia akan melakukan normalisasi hubungan diplomatik dengan Israel.

"Jadi, tidak benar sebagaimana yang diberitakan yang menyatakan bahwa sudah ada kemungkinan pembukaan hubungan diplomatik antara Israel dengan Indonesia. Jadi, Bu Menlu melaporkan kepada Bapak Wapres bahwa Indonesia tetap konsisten berada di jalur itu dan akan terus konsisten dalam pemerintahan ini," ujar Juru Bicara (Jubir) Wapres Masduki Baidlowi melalui keterangan resmi, Rabu (17/4/24).

Baca Juga: Kapolda Malut Terima Audiensi dari Kepala Dinas pemuda dan Olahraga Provinsi Malut

Kemudian, kata Jubir Masduki, Wapres mendukung sepenuhnya langkah Indonesia tersebut, termasuk dalam upaya meredakan konflik Israel-Palestina melalui kesepakatan two state solution.

"Itu didukung sepenuhnya oleh Bapak Wapres untuk terus konsisten (menerapkan) two state solution adalah final, tidak akan berubah. Itu saya kira yang menjadi prinsip, yang menjadi perintah juga dari Wapres untuk terus diperjuangkan," terang Jubir Masduki.

Selain itu, Menlu Retno juga melaporkan situasi terkini terkait konflik Iran-Israel yang baru-baru ini mengemuka dan peran Indonesia dalam upaya meredam konflik tersebut.

"Bu Menlu melaporkan progres apa yang dikerjakan oleh Bu Menlu terkait dengan kegiatan melakukan lobi pemerintah Indonesia terhadap berbagai negara, bagaimana termasuk pada Iran yang menjadi fokus agar tidak terjadi perang agar tidak terjadi pembalasan dari pihak Israel," ujar Jubir Masduki.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment