Polri Sebut Ketegasan Kapolri Tingkatkan Kepuasan Publik

31 December 2023 - 19:17 WIB
Dokumentasi Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Indonesian Police Watch (IPW) memandang turunnya angka pengaduan masyarakat kepada kepolisian memiliki korelasi dengan hasil survei yang menyatakan tingginya kepercayaan publik kepada Korps Bhayangkara.

Ketua Presidium IPW Sugeng Teguh Santoso memaparkan, indikator tingginya kepercayaan publik kepada Polri tersebut salah satunya karena optimalnya pengawasan dan penegakan hukum oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, termasuk di internal Polri sendiri. Oleh karenanya, hasil survei Litbang Kompas pun menyatakan 87% masyarakat puas terhadap kinerja Polri.

Baca Juga: Car Free Night, Ditlantas Polda Metro Jaya Berlakukan Rekayasa Lalu Lintas

"Peningkatan publik tersebut diduga kuat karena adanya pengawasan melekat oleh atasan dan/atau atasan langsung dari anggota Polri yang diduga melakukan pelanggaran etik, disiplin, dan/atau pidana,” jelasnya, Minggu (31/12/23).

Dijelaskan Sugeng, ia berharap kepolisian dapat menambal kelemahan tersebut pada 2024 untuk mempertahankan pencapaian kepercayaan publik. Terutama bagi penuntasan perkara yang masuk.

Diketahui, aduan masyarakat pada tahun 2022 berjumlah 179. Kemudian, menjadi hanya 79 pada tahun 2023.

(ay/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment