Polri Rencanakan Program Polisi RW Akan Menjadi Nasional

16 May 2023 - 11:00 WIB
Foto: Tribunnews

Tribratanews.polri.go.id - Bandung. Kabaharkam Polri, Komjen. Pol. Dr. H. Mohammad Fadil Imran, M.Si., meluncurkan program Polisi RW di wilayah hukum Polda Jabar dengan menggelar apel di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (15/5/23). Kabaharkam Polri pun berencana akan menjadikan program ini menjadi nasional. Para Polisi RW akan ditempatkan di setiap wilayah dan diharapkan dapat mencegah gangguan Kamtibmas, bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat. Program Polisi RW ini juga diadakan guna mengatasi permasalahan keamanan yang berpotensi muncul dari basis komunitas terendah, yakni lingkungan RW.

"Sebenarnya Polisi RW itu tugasnya adalah bagaimana mewujudkan RW yang sejuk dan aman dengan security assessment, polisi akan lakukan itu dengan ketua RW setempat dan elemen masyarakat lainnya," jelas Kabaharkam Polri, Senin (15/5/23).

Baca Juga:  Mudik Lebaran 2023 Aman dan Lancar, Menhub Apresiasi Seluruh Pihak

Jenderal Bintang Tiga itu juga mengungkapkan bahwa selain menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, kehadiran polisi di ruang lingkup RW bisa mewujudkan polisi sebagai pengayom bagi masyarakat. Menurutnya, Polisi RW juga perlu memahami permasalahan masyarakat di tingkat RW mulai dari soal ekonomi masyarakat bahkan hingga kasus stunting.

"Bukan mengutamakan penegakan hukum, tapi mencegah itu lebih murah, lebih efektif. Kalau RW aman, kelurahan aman, dan seterusnya juga bakal aman," tutup Mantan Kapolda Metro Jaya tersebut.

(my/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment