Polri: Hari Pertama KTT ASEAN Berjalan Aman

5 September 2023 - 17:49 WIB
Foto: Dok. Polri

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Polri memastikan secara keseluruhan pengamanan hari pertama penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 di Jakarta berjalan dengan aman.

Asisten Operasional Kapolri, Irjen. Pol. Verdianto Iskandar Bitticaca, menerangkan bahwa Polri berada di ring 3 pengamanan. Dalam kapasitasnya, ring 3 meliputi pengamanan wilayah di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Jakarta Timur.

“Situasi pengamanan berlangsung baik dan aman. Kami masih monitor dengan baik,” ujarnya, Selasa (5/9/23).

Menurutnya, untuk pengamanan VVIP dilakukan oleh Mabes TNI. Kemudian, pada ring 4 juga menjadi wilayah Polri di mana melibatkan personel Polda Banten, Polda Metro Jaya, dan Polda Jawa Barat.

Ditegaskannya, pengamanan ini tidak jauh berbeda seperti pola penyelenggaraan G20. Kolaborasi TNI dan Polri menjadi kunci keberhasilan pengamanan.

Baca Juga:  ASEAN Pererat Kerja Sama dengan IORA dan PIF

“Pada prinsipnya tantangan tidak ada, karna ini pengalaman kita sepeti KTT G20 di Bali, jadi pada prinsipnya tantangannya tidak ada,” jelasnya.

Untuk diketahui, pengamanan KTT ASEAN ke-43 melibatkan lebih dari 6.000 personel gabungan. Ribuan personel gabungan itu terdiri dari 8 satuan tugas (satgas) yang bertugas di ring 3. Adapun kedelapan satgas itu mulai dari preemtif, pereventif, polakir, pengawalan rombongan, gakkum, humas, bantuan operasi, dan antiteror.

Sebagai informasi, KTT ke-43 ASEAN berlangsung pada 5-7 September 2023 di Jakarta yang diikuti oleh 22 negara, terdiri atas 11 negara ASEAN meliputi Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste.

Presiden RI Joko Widodo membuka KTT ke-43 ASEAN, sekaligus memimpin 12 pertemuan. Rangkaian pertemuan tersebut adalah KTT ke-43 dalam format plenary dan retreat, KTT ke-26 ASEAN-Tiongkok, KTT ke-24 ASEAN-Korea Selatan, KTT ke-26 ASEAN-Jepang, dan KTT ke-11 ASEAN-Amerika Serikat.

Pertemuan lainnya adalah KTT ASEAN-Kanada, KTT ke-26 ASEAN Plus Three, KTT ke-20 ASEAN-India, KTT ke-3 ASEAN-Australia, KTT ke-18 Asia Timur (EAS), dan KTT ke-13 ASEAN-Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

(ay/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment