Polri Buka Rekrutmen Pilot Pesawat Komersial Jadi Perwira Muda

9 January 2024 - 19:39 WIB
Dok. Polri

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Polri kini membuka kesempatan untuk para pilot agar bisa menjadi anggota Kepolisian. Kesempatan pilot menjadi perwira Polri tertuang dalam syarat dan ketentuan penerimaan siswa SIPSS T.A. 2024. yang tercantum dalam pengumuman Nomor: Peng/ 1 /I/DIK.2.1./2024 tanggal 8 Januari 2024.

Adapun syarat pilot menjadi Anggota Polri, yaitu minimal berpendidikan diploma IV (D-IV), sarjana (S-1), maupun pascasarjana (S-2). Syarat utama lainnya yaitu memiliki sertifikat CPL Fyling School.

Sertifikat CPL Fyling School merupakan ijazah commercial pilot license, yaitu lisensi lanjutan yang diperoleh oleh siswa sekolah pilot. CPL adalah lisensi lanjutan dari PPL (Private Pilot License).

Baca Juga: Pengumuman! Polri Buka Pendaftaran Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana T.A 2024

Syarat lain pilot pesawat sipil untuk menjadi perwira Polri yakni berusia minimal 18 tahun dan maksimal 30 tahun bagi yang berpendidikan S-2. Bagi pilot berpendikan S-1 dan D-IV maksimal berusia 26 tahun.

Adapun syarat lainnya mengikuti ketentuan umum. Seperti memiliki tinggi badan minimal 162 sentimeter untuk laki-laki dan 157 sentimeter untuk perempuan. Calon perwira itu bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama selama 10 tahun terhitung mulai saat diangkat menjadi Perwira Polri.

Calon perwira bersedia ditugaskan pada satker atau polda sesuai kompetensi atau latar belakang program studinya.

(my/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment