Polres Garut Gunakan Paramotor untuk Pantau Lalu Lintas Pemudik Arus Balik

10 May 2022 - 01:55 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Garut. Arus balik libur lebaran 2022 dipresdiksi masih akan terjadi di Kabupaten Garut. Polisi menyiapakan cara unik untuk melepas para pemudik melintasi jalur Galur.

Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono, S.I.K., M.Si., menyiapkan tiga anggotanya untuk terbang menggunakan paralayang dan paramotor. Mereka akan memandu dan memberikan imbauan kepada para pemudik yang melaksanakan arus balik.

"Arus balik masih akan terjadi hari ini, meskipun tidak padat. Kita menggunakan paralayang untuk menyampaikan pesan Kamtibmas," ujar Kapolres Garut, pada Senin (09/05/22).

Kapolres Garut mengatakan paralayang dan para motor yang dikendalikan anggota Polri itu akan mengudara di dua jalur mudik Garut, yakni Malangnong dan jalur perkotaan. Mereka terbang dengan membawa pesan-pesan keamanan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas. Dengan itu, polisi berharap agar para pemudik yang melaksanakan arus balik hari ini bisa terhibur. polisi juga melepas mereka dengan selamat saat melintasi jalur Garut.

"Tentu harapan kami masyarakat bisa kembali dengan lancar, aman dan selamat. Kemudian juga tentu menerapkan aturan lalu lintas dengan baik," terang Kapolres Garut.

Sementara itu, polisi memprediksi arus balik masih akan terjadi di Garut hari ini. Meskipun tidak terjadi kepadatan di jalur Garut, para pemudik hari ini masih terpantau melintas di Malangbong dan Kadungora.

Kapolres Garut menjelaskan, puncak arus balik di jalur Garut terjadi pada Kamis (05/05/22) lalu. Di hari itu, kendaraan yang melintas di jalur Garut menuju Bandung merupakan yang terbanyak. Berdasarkan data yang kami miliki, itu sekitar 170 ribu kendaraan.

Pelaksanaan Ops Ketupat Lodaya dalam rangka mengamankan Hari Raya Idul Fitri 2022 di Garut sendiri diklaim aman dan lancar oleh polisi.

"Alhamdulillah, tidak ada juga kecelakaan yang fatal. Semuanya dapat ditangani dan tidak ada yang meninggal," pungkas Kapolres Garut.

Share this post

Sign in to leave a comment