Polda Riau Unjuk Gigi Keberhasilan Operasi Cipta Kondisi

20 December 2023 - 09:00 WIB
Dokumentasi Polda Riau

Tribratanews.polri.go.id - Pekanbaru. Polda Riau menggelar ekspos dari Operasi Cipta Kondisi dari seluruh satuan kerja dan satuan wilayah. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolda Riau Irjen Pol. Mohamad Iqbal.

"Kami ingin memperlihatkan tindak keberhasilan operasi cipta kondisi, keberhasilan ini juga karena peran serta masyarakat," ujar Kapolda, Rabu (20/12/23).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur Riau Edy Natar Nasution, perwakilan Forum Komunikasi Daerah (Forkompinda) serta seluruh Pejabat Utama (PJU) Polda.
Baca Juga: Guna Ciptakan Kondusifitas Pemilu 2024, Satbrimobda Polda Sumsel Kunjungi PM Lanud Sri Mulyono Herlambang

Bertempat di halaman depan Gedung Mapolda Riau, seluruh barang bukti serta tersangka kasus hasil Operasi Cipta Kondisi, dijejerkan. Seperti narkotika, minuman keras, hingga knalpot brong.

Kapolda menyebut, dalam operasi cipta kondisi, selalu ada dua wajah yang ingin ditampilkan. Dua wajah itu adalah wajah manis yang mengayomi masyarakat, juga wajah tegas untuk pelaku pelanggaran hukum.

"Tapi juga harus berperan antagonis, lebih tegas terhadap pelaku kejahatan. Tegas bukan berarti kasar, tapi sesuai prosedur secara solid dan kokoh," terang Irjen Pol. Iqbal.

Kapolda pun merinci. Sejak Januari hingga 19 Desember 2023, pihaknya telah menangani 1.762 kasus pencurian; 31 kasus pembunuhan; 52 kasus TPPO.

Kemudian, menyita puluhan kilogram narkotika; 4 kasus korupsi dengan total kerugian negara Rp42 miliar; 1 kasus ilegal fishing; dan sejumlah kasus judi online.

Irjen Pol. Iqbal mengatakan, keberhasilan tersebut memang tidak terlepas dari kerja sama seluruh pihak. "Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh Forkompinda Riau yang telah bekerja secara maksimal dan menjalin sinergisitas bersama Polda Riau. Saya harap hubungan ini dapat berdampak terhadap kondusivitas Provinsi Riau dan segala bentuk kerja keras kira menjadi nilai ibadah," tutupnya.

(ndt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment