Polda NTB Kerahkan 1.300 Bhabinkamtibmas Salurkan 15.000 Paket BALASA

18 June 2020 - 15:13 WIB
Tribratanews.polri.go.id – Mataram. Pandemi Covid-19 yang telah menjadi darurat nasional, berdampak terhadap semua lini kehidupan tak terkecuali dunia pariwisata. Menyikapi hal tersebut, Polda NTB Bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), serta Pemerintah Provinsi NTB mendistribusikan Bantuan Lauk Pauk Siap Saji (BALASA), bagi pelaku parekraf di NTB yang dilepas di Islamic Center (IC) NTB di Mataram pada Rabu (17/06/2020).

Kapolda NTB, Irjen Pol. Muhammad Iqbal, menjelaskan dan mendukung penuh proses pendistribusian BALASA hingga ke tangan penerima bantuan, dengan melibatkan Bhabinkamtibmas masing-masing Polres jajaran se-NTB.

“Polda NTB diminta dan digandeng untuk melakukan kerjasama dalam hal pendistribusian dan pengawalan. Kami senang dan kami akan lakukan pengawalan bahan pokok dan beberapa bahan makanan siap saji, yang sudah dikemas dalam satu kotak. Tadi ada lebih kurang 1.300 Bhabinkamtibmas yang akan mendistribusikan 15.000 kotak,” jelas Kapolda.

Untuk memastikan distribusi BALASA tepat sasaran sesuai data yang ada, pihaknya juga akan bekerjasama dengan pemerintah kabupaten/kota dan pihak-pihak terkait lainnya.

“Insyaallah, penyaluran BALASA ini akan kita pastikan sampai ke tangan penerimanya, kita akan kawal by name by address. Kami akan semaksimal mungkin untuk menyalurkan tepat pada orangnya dan alamatnya,” tandas Jenderal Bintang Dua tersebut.


Kota Mataram 2521 paket, Kota Bima 1756 paket, Kabupaten Lombok Timur 1237 paket, Lombok Utara 2283 paket, Lombok Barat 3270 paket, Lombok Tengah 1688 paket, Sumbawa Barat 380 paket, Bima 232 paket, Dompu 286 paket, Sumbawa 1347 paket. 15.000 paket BALASA ini akan didistribusikan dengan melibatkan seluruh Bhabinkamtibmas di 10 Polres jajaran yang akan mendatangi target sasaran secara door to door.

BALASA akan diberikan kepada para pekerja dan pelaku wisata baik perhotelan, restoran, Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata, red), travel, pedagang asongan, lapak kuliner, sanggar atau seniman, hingga kusir cidomo dan lain-lain.

(my/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment