Polda Kaltim Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Menjelang Pilkada 2024

21 August 2024 - 12:30 WIB
swarakaltim

Tribratanews.polri.go.id - Balikpapan. Polda Kaltim gelar rapat koordinasi lintas sektoral menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 tingkat provinsi, kabupaten, dan kota di Balikpapan, hari ini, Selasa (20/8/24).

"Melalui koordinasi, kami berkonsolidasi dan menyamakan persepsi untuk menghadapi Pilkada serentak yang akan dilaksanakan," jelas Kapolda Kaltim, Irjen. Pol. Drs. Nanang Avianto, M.Si.

Polda Kaltim bersama menentukan kesiapan-kesiapan yang matang mulai dari perencanaan, pelaksanaan, maupun akhir pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

"Kami sudah buat perencanaan, saat ini kami menuju tahapan-tahapan berikutnya, Kami sudah menjalin komunikasi dengan semua pihak, dari Polri serta TNI, maupun Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) pemangku kepentingan lain," tambahnya.

Baca Juga: Kepala BNN Ungkap Prevalensi Penyalahgunaan Narkotika Papar 3,3 Juta Jiwa pada 2023

Irjen. Pol. Drs. Nanang Avianto, M.Si., menuturkan Kalimantan Timur telah menyelesaikan sejumlah agenda besar nasional seperti Pemilu 2024, serta dukungan terhadap Upacara 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Siapa pun yang ada di Kaltim harus bisa menjaga keamanan dan ketertiban jelang kegiatan Pilkada," tuturnya.

Untuk sejumlah wilayah di Kabupaten di Kaltim, Kepolisian daerah juga menganalisa dan evaluasi dari penyelenggaraan Pemilu 2024.

Selain itu, faktor cuaca juga turut diperhitungkan, termasuk kebutuhan personel keamanan yang terlibat dalam distribusi logistik serta pelaksanaan Pilkada.

"Kami tidak ingin terjadi sesuatu hal yang buruk terhadap personel kami, kami dari Polda ada helikopter, dan juga ditambah dukungan Gubernur," ungkapnya.

Secara keseluruhan, Polda Kaltim mengerahkan sebanyak sebanyak dua per tiga kekuatan untuk mengamankan Pilkada Serentak 2024.

"Begitupun Pak Pangdam, dia mengatakan sudah menyiapkan personel. Begitu pula, Satpol PP sudah menyiapkan diri jauh hari. Karena pemilihan serentak, persiapan dilakukan secara mandiri di masing-masing wilayah," tutupnya.

(ek/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment