Polda Jatim Tingkatkan Inovasi Berbasis Teknologi untuk Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas

23 September 2022 - 13:53 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Polda Jatim terus berusaha menekan angka kecelakaan dan salah satu caranya adalah meningkatkan inovasi berbasis teknologi. “Dalam melaksanakan pelayanan masyarakat mewujudkan Kamseltibcarlantas, menekekan angka laka lantas dan korban, kemudian melaksanakan Turjawali dan juga pelayanan-pelayanan dalam teknologi kepolisian,” jelas Kapolda Jatim Irjen. Pol. Nico Afinta di Polda Jatim, Jumat (23/9/22).

Irjen. Pol. Nico Afinta mengatakan banyak inovasi yang sudah dijalankan oleh jajaran satuan lalu lintas di Polda Jatim, seperti penerapan tilang elektonik (ETLE) dan yang terbaru yakni MTC (Monitoring tracking cek list).

“Kemudian juga tadi baru aja ada inovasi MTC yaitu bagaimana masyarakat dalam melakukan pengurusan registrasi dan identifikasi mengetahui proses dari mulai mendaftar hingga selesai. Dengan download aplikasi MTC di handphone sehingga bisa diketahui sampai dimana proses, sehingga tidak terjadi antrean yang panjang di kantor polisi. Jadi cukup daftar mendapatkan dua kode, langsung bisa mengecek. Sehingga nanti mengambil pada saat sudah selssai. Itu mempercepat proses,” jelas Kapolda.

Terkait penanganan kecelakaan, Kapolda mengatakan dalam penanganannya harus lebih dipercepat. Dengan tujuan untuk menolong korban laka lantas. “Artinya setelah terjadi kecelakaan, integrasi dan komunikasi koordinasi antar lembaga dalam penanganan laka lantas kecepatan menolong korban, kemudian mengantar ke rumah sakit itu jadi bagian penting untuk penyelamatan nyawa manusia,” jelasnya.

Irjen. Pol. Nico Afinta menegaskan jika Dirlntas Polda Jatim telah membuat inovasi terkait penangan laka lantas agar cepat tertangani. “Dirlantas sudah membuat membangun sistem bagaimana masyarakat kemudian stake holder, baik Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kepala Desa mendownload suatu program aplikasi apabila nanti melihat mengetahui kecelakaan lalu lintas diinformasikan, lalu petugas akan mendatangi olah TKP, lalu petugas ambulans cepet datangi korban kemudian melakukan pertolongan pertama,” tandas Kapolda.

Share this post

Data Perkembangan Covid-19 Indonesia

Positif

6.718.090

Sembuh

6.542.791

Meninggal

160.574

Sumber: covid19.go.id
Last Updated: 1 February 2023 - 19:00
Sign in to leave a comment