Polda Jateng Terjunkan Puluhan Polwan Berikan Trauma Healing untuk Korban Bencana Semeru

16 December 2021 - 14:16 WIB
Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Polda Jawa Tengah menerjunkan sebanyak 85 anggota ke lokasi terjadinya bencana erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur, dan dari jumlah itu, sebanyak 36 personel itu adalah Polwan.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes. Pol. Muhammad Iqbal Alqudusy menjelaskan personel tersebut dikirim ke Desa Pananggal, Lumajang, Jawa Timur. Para Polwan memberikan trauma healing kepada korban bencana Semeru khususnya wanita beserta anak-anak.

"36 Polwan untuk membantu pemulihan pasca bencana termasuk indentifikasi korban meninggal serta pemulihan trauma bagi pengungsi akibat letusan gunung Semeru," jelas Kabidhumas, Rabu (15/12/21).

Kombes. Pol. Muhammad Iqbal Alqudusy juga mengatakan bahwa dalam pemberangkatan 85 personel itu diketuai oleh Kabiddokkes Polda Jateng Kombes Sumy Hastry Purwanti. "Pemulihan stres bagi korban bencana harus cepat dilakukan agar kondisi psikologis korban tidak makin parah, dan saat ini, para korban berada dalam tingkat acute stress traumatic disorder atau gangguan stres akut akibat trauma," jelasnya.

Kabidhumas menambahka keberadaan Polwan Polda Jateng sebagai konselor pemulihan trauma di lokasi bencana tersebut sangat tepat.

Karena itu, karakter wanita yang cenderung komunikatif, mudah berempati terhadap korban terutama anak-anak dan mencerminkan sosok humanis dalam menanggapi kondisi psikologis korban.

Kabidhumas juga berharap agar pemulihan terhadap korban akibat letusan atau erupsi Gunung Semeru dapat terlaksana dengan lancar.

Share this post

Sign in to leave a comment