Polda Jateng Berlakukan One Way Lokal, Antisipasi Puncak Arus Balik

6 May 2022 - 18:24 WIB

Tribratanews.polri.go.id –  Semarang.  Puncak arus balik Lebaran tahun 2022 ini terjadi mulai hari ini, Jumat (6/5/22) sampai hari Minggu (8/5/22).

Ribuan kendaraan diprediski bakal melaju dari arah timur menuju ke barat, yakni dengan waktu yang sama. Kondisi ini diprediksi menyebabkan, jalan tol juga akan mengalami kepadatan.

Untuk mengantisipasi hal itu, Polda Jateng pun menyiapkan sejumlah langkah. Kapolda Jateng IrjenPol. Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.St., M.K., mengatakan, jika Polda Jawa Tengah akan menerapkan sistem satu arah (one way) lokal selama tiga hari, yakni Jumat (6/5/22) hingga Minggu (8/5/2022) apabila terjadi kemacetan saat arus balik di gerbang Tol Kalikangkung Semarang.

Adapun kebijakan rekayasa lalu lintas (lalin) dengan menerapkan one way di ruas tol secara nasional akan dimulai pada Jumat (6/5/2022) hari ini, dan dimulai pada pukul 14.00 WIB, pada gerbang tol (GT) Kalikangkung Semarang sampai kilometer 47 Cikampek.

“Kami telah sepakat dengan direktoral lalu lintas dan stakeholder lainnya, jika arus balik sebelum Kalikangkung macet akan kami berlakukan one way lokal,” jelasnya.

Berdasarkan hasil pantauan tim Polda Jawa Tengah, arus lalu lintas di Gerbang Tol Kalikangkung mencapai 68 ribu kendaraan sehingga perlu adanya rekayasa lalu lintas.

Sedangkan jika tidak ada kepadatan, menurut Kapolda Jateng, tetap diberlakukan one way nasional, yakni Kalikangkung-Cikampek. Namun, jika saat penerapan one way nasional dan lokal masih macet akan diberlakukan pembuangan arus dari gerbang tol Sragen hingga gerbang tol Kalikangkung.

 

Sumber : jatengdaily.com




Share this post

Sign in to leave a comment