Polda Gorontalo Gelar Upacara Hari Juang Polri Untuk Mengenang Perjuangan Polri Raih Kemerdekaan

22 August 2024 - 15:00 WIB
polda gorontalo

Tribratanews.polri.go.id - Gorontalo. Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Pudji Prasetijanto Hadi, memimpin upacara peringatan Hari Juang Polri yang berlangsung khidmat di Lapangan Polda Gorontalo pada hari, Rabu (21/8/24). Upacara tersebut dihadiri oleh PJ. Gubernur Gorontalo, unsur Forkopimda, pejabat utama Polda Gorontalo, personel dari berbagai satuan kerja, serta tamu undangan dari instansi pemerintah.

Kapolda Gorontalo, melalui Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol. Desmont Harjendro AP menjelaskan, Peringatan ini bertepatan dengan peristiwa bersejarah di mana Polisi Istimewa menyatakan kesetiaannya kepada Negara Republik Indonesia pada tahun 1945.

“Hari Juang Polri resmi ditetapkan melalui Keputusan Kapolri Nomor: KEP/95/I/2024 tanggal 22 Januari 2024 tentang Hari Juang Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan Keputusan Kapolri Nomor: KEP/1325/VII/2024 tanggal 12 Agustus 204 tentang Tata Upacara Hari Juang Polri,” terangnya.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 4.6 Guncang Wilayah Bolaang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan

Kabid Humas Polda Gorontalo menambahkan, peringatan hari juang Polri ini bertujuan untuk mengenang perjuangan para Polisi dalam meraih kemerdekaan pada jaman penjajahan dan menjaga keamanan negara.

“Tema yang diangkat pada peringatan tahun ini adalah Dengan Semangat Hari Juang, Polri Yang Presisi Siap Mengabdi Demi Terwujudnya Indonesia Emas 2045,” tambahnya.

Pesan yang dapat dipetik dalam peristiwa bersejarah ini adalah, Polisi merupakan bagian dari Republik Indonesia dan Polisi lahir dari masyarakat sehingga Polisi juga ikut berjuang dalam merebut maupun mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

(mz/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment