PLN Siapkan Pasokan Listrik Lima Lapis untuk Amankan Debat Pilpres

12 December 2023 - 15:15 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya menyiapkan pasokan listrik lima lapis untuk mengamankan debat Pilpres 2024.

Debat akan berlangsung pada hari ini, Selasa (12/12/23), pukul 19.00 WIB.

"Kami siap dengan pasokan listrik sampai lima lapis untuk mengamankan debat Capres dan Cawapres perdana di KPU, tentunya dengan berbagai skenario yang tertuang dalam prosedur operasional standar (SOP)," ujar General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran, seperti dikutip dari Antara, Selasa (12/12/23).

Baca Juga: Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Jelang Debat Capres-Cawapres di KPU

GM Lasiran menyebut, pasokan listrik lima lapis tersebut berasal dari sumber listrik PLN, suplai daya bebas gangguan (uninterruptible power supply/UPS) dan genset yang telah diuji coba sebelumnya dalam berbagai simulasi. 

"Pasokan listrik dari sumber PLN saja ada tiga yaitu satu pasokan utama dan dua pasokan cadangan," ujar GM Lasiran. Selain itu, pasokan listrik keempat berasal dari UPS dan pasokan kelima yaitu dari genset.

PLN UID Jakarta Raya juga telah berkoordinasi dengan KPU dan melakukan uji simulasi terhadap skenario kelistrikan yang telah dibuat. 

Persiapan kelistrikan KPU dalam rangka Pemilu 2024 ini telah disiapkan selama enam bulan sebelum pelaksanaan dengan lima langkah perkuatan yaitu inspeksi gardu distribusi listrik, pemeliharaan gardu distribusi listrik, survei keandalan, mobilisasi dan pemasangan peralatan pendukung, serta simulasi skenario keandalan listrik.
(ndt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment