Pilkada, Menko Polhukam Minta Seluruh Elemen Gakkumdu Bersinergi di Pencegahan-Penindakan

19 September 2024 - 17:31 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Hadi Tjahjanto meminta seluruh elemen Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) dapat bersinergi dan berkolaborasi dalam pencegahan dan penindakan pada Pilkada 2024.

"Dalam berbagai forum kolaborasi Sentra Gakkumdu yang telah diselenggarakan, saya selaku Menko Polhukam selalu mewanti-wanti agar seluruh anggota Sentra Gakkumdu dapat bersinergi dan kolaborasi,” tegas Menko Polhukam, Kamis (19/9/24).

Menko Polhukam mengatakan ada tiga spektrum kolaborasi yang harus benar-benar ditaati dan dijaga, yakni pertama, kolaborasi internal antara anggota Sentra Gakkumdu meliputi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), kejaksaan, dan kepolisian.

Kedua, kolaborasi vertikal antara Sentra Gakkumdu Pusat dengan Sentra Gakkumdu Daerah. "Dan yang ketiga adalah kolaborasi Sentra Gakkumdu dengan kementerian, lembaga. Kementerian/lembaga terkait yang benar-benar dapat mengoptimalkan dalam hal pencegahan, pengawasan, dan penindakan tindak pidana pemilu," ujar Menko Polhukam.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI telah memutus sebanyak 65 tindak pidana pemilu hasil sinergi dengan Gakkumdu, hingga 6 Maret 2024.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment