Pertamina Siapkan 300 Kapal Jaga Distribusi BBM Selama Libur Idul Adha

30 June 2023 - 08:30 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. PT Pertamina International Shipping (PIS) menyiapkan 300 kapal untuk menjaga kelancaran distribusi bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji selama masa libur Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah. Sebagian besar kapal tersebut merupakan kapal kargo untuk distribusi energi.

"Sebanyak 300 kapal PIS dioperasikan untuk kelancaran distribusi energi domestik maupun angkutan kapal internasional untuk memastikan ketersediaan pasokan dari luar negeri," ungkap Corporate Secretary PIS Muh Aryomekka Firdaus, Kamis (29/6/23).

Pertamina International Shipping mencatat sebanyak 272 merupakan kargo untuk mendistribusikan energi di dalam negeri untuk mengangkut produk BBM, gas, minyak mentah, avtur, nafta, aspal, dan lainnya. Sisanya, merupakan kapal rute internasional dengan rincian 17 kapal BBM, lima kapal minyak mentah, dan enam kapal gas.

Baca Juga:  Polda Metro Jaya Tangkap 3.260 Tersangka Narkoba Dalam Kurun Waktu 6 Bulan

PIS juga menyiapkan kapal-kapal internasional dengan skema spot charter dan memastikan pemantauan secara berkala untuk penyaluran BBM dan elpiji, mulai dari pemantauan di seluruh depot dari sisi kondisi stok, DOT, coverage days serta posisi dan kondisi kapal.

Disisi lain PIS juga berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait untuk mitigasi dan antisipasi jika terjadi lonjakan permintaan di suatu terminal.

PIS memantau secara digital dengan aplikasi dan teknologi yang dimiliki untuk mendeteksi perkembangan situasi, mengantisipasi jika terjadi kondisi darurat dan risiko lainnya yang terpantau dalam satu dashboard digital, yakni digital fleet workspace (digiforce).

PIS juga tetap mengutamakan keamanan dan keselamatan para Pertamina Wira (Perwira) yang tetap bertugas selama periode libur Idul Adha 1444 Hijriah.

(as/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment