Personel Ditlantas Polda Jabar Lakukan Ramp Check Bus Pariwisata

17 June 2024 - 20:00 WIB
Medcom.com

Tribratanews.polri.go.id - Sumedang. Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Barat menggelar kegiatan ramp check terhadap sejumlah bus pariwisata di destinasi wisata yang berada di kawasan Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, sebagai langkah untuk mengantisipasi kecelakaan bus pariwisata. Senin, (17/6/24).

Personel Ditlantas Polda Jabar jugavsudah melakukan pemeriksaan satu persatu bus pariwisata yang tengah parkir di lokasi dinasti wisata diperiksa oleh para petugas.

Pemeriksaan yang dilakukan mulai dari kelengkapan dokumen bis, Seperti kir, STNK hingga SIM para sopir bus pariwisata apakah masih berlaku atau sesuai dengan kendaraan yang dipakainya.

Baca Juga: Satgas Pangan Polri: Jaga Stabilitas Harga dan Cek Kesehatan Hewan KurbanTidak hanya melakukan pemeriksaan terhadap kondisi Bus, Personel Ditlantas juga melakukan pemeriksaan juga terhadap fisik armada bus. Semua fungsi-fungsi bus dicek secara teliti oleh para petugas seperti fungsi pengereman, lampu-lampu maupun perangkat keselamatan yang berada didalam bus.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Barat, Kombes Pol. Wibowo menyampaikan bahwa, dari hasil pemeriksaan tersebut petugas hanya menemukan satu armada bus trans metro Pasundan yang tidak memiliki tangki penyimpanan air wier.

Kombes Pol Wibowo juga mengatakan pihaknya juga memberikan rekomendasi kepada satu bus Trans Metro Pasundan untuk mengisi air wiper. Sebab ditemukan bus tersebut tidak memiliki air wiper saat diperiksa.

Pemeriksaan ramp check tersebut dilakukan kepolisian untuk memastikan armada bus yang dipakai laik jalan dan aman bagi para penumpangnya.

Ditlantas Polda Jabar juga telah mengimbau kepada masyarakat yang akan berwisata dan menggunakan bus untuk terlebih dahulu memeriksa kelengkapan dokumen serta kelaikan bus tersebut.

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment