Peringati HBDI ke-16, Ikatan Dokter Indonesia Menggelar Baksos Operasi Bibir Sumbing

19 May 2024 - 17:30 WIB
Antaranews

Tribratanews.polri.go.id - Sleman. Ikatan Dokter Indonesia gelar bakti sosial operasi bibir sumbing dalam rangka memperingati Hari Bhakti Dokter Indonesia (HBDI) ke-16 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sekjen PB IDI, dr Ulul Albab, Sp.OG., mengatakan kegiatan hari bakti IDI di bulan Mei itu akan terus berlanjut hingga hari ulang tahun IDI pada Oktober.

"Kegiatan bakti sosial operasi bibir sumbing IDI bekerja sama dengan RSUD Sleman, Yayasan Cahaya Senyum Nusantara, Smile Train NGO, dan Perhimpunan Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetika Indonesia (Perapi)," ujar dr Ulul Albab, dilansir dari laman Antaranews, Sabtu (18/05/24).

Menurut dia, skrining persiapan operasi dilaksanakan pada Jumat (17/5), di klinik bedah umum RSUD Sleman dan operasi dilaksanakan hari ini (Sabtu, 18/5) di Instalasi Bedah Sentral (IBS) GPT RSUD Seman.

"Pasien operasi bibir sumbing berjumlah sembilan orang, terdiri enam laki-laki dan tiga perempuan. Berasal dari Sleman, Kulon Progo, Klaten, Boyolali, Kebumen, Pacitan, dan Madiun," jelasnya.

dr Ulul Albab, mengatakan, Ikatan Dokter Indonesia menggelar peringatan Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) 2024 bertema "Sinergi Kolaborasi Untuk Negeri" yang jatuh pada 20 Mei dengan pusat kegiatan di Yogyakarta.

"IDI mengedepankan tema bakti sosial dalam pembangunan kesehatan masyarakat. Agenda kegiatan bakti sosial IDI, yaitu operasi katarak, operasi bibir sumbing, donor darah, peresmian sumur bor dan paparan kegiatan unggulan dan daerah binaan stunting IDI DIY," jelasnya.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment