Penyelidikan Rampung, Bareskrim Polri Simpulkan Penyebab Banjir Kalsel Akibat Curah Hujan Tinggi

25 January 2021 - 12:36 WIB

Tribratanews.polri.go.id-Jakarta. Tim dari Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri telah rampung menyelidiki penyebab banjir yang terjadi di Kalimantan Selatan.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divhumas Polri, Brigjen Pol. Drs. Rusdi Hartono, M.Si. mengatakan pihak Bareskrim Polri telah merampungkan penyelidikan.

Adapun hasilnya, dalam penyelidikan tersebut berhasil ditarik kesimpulan bahwa penyebab utama banjir di Kalimantan Selatan akibat curah hujan yang tinggi.

“Bareskrim sudah turun tim, ternyata memang kenapa banjirnya itu karena memang faktor curah hujan saat itu sangat tinggi dari BMKG di sana," jelas Brigjen Pol. Rusdi Minggu (24/1/21).

Selain curah hujan yang tinggi, penyebab lain banjir di Kalsel karena pada saat bersamaan gelombang laut pasang tengah tinggi mencapai 2,5 meter.

“Memang pada saat itu tinggi gelombang sangat tinggi antara dua sampai dua setengah meter, sehingga itu berpengaruh terhadap arus balik ke daratan. Ini sementara hasil turun lapangan dari Bareskrim," jelas Brigjen Pol. Rusdi.

Lebih lanjut, Karo Penmas menuturkan, sejauh ini pihaknya belum memutuskan langkah selanjutnya seperti memeriksa dinas terkait terkait banjir tersebut. (ng/bq/hy).

Share this post

Sign in to leave a comment