Pemprov DKI Jakarta Periksa Kesehatan Hewan Kurban Jelang Iduladha

11 May 2024 - 20:30 WIB
jabar.nu

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Menjelang perayaan Iduladha 1445 Hijriah, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memeriksa kesehatan hewan kurban di wilayah Jakarta Juni 2024. Selain pemeriksaan administrasi, kelayakan hewan, dan penyakit anthrax menjadi prioritas pemeriksaan.

“Kami akan melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di tempat penampungan. Pemeriksaan juga akan dilakukan di empat penjualan pada 13 Mei 2024,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Ir. Suharini Eliawati, M.Si., dilansir dari laman RRI, Jumat (10/05/24).

Dalam keterangannya, ia mengatakan pemeriksaan yang dilakukan, menyangkut pemeriksaan dokumen administrasi lalu lintas hewan, Kesehatan, dan kelayakan hewan. Kemudian pemeriksaan sampel untuk penyakit anthrax. 

Baca Juga: Kapolda Sumsel Kirimkan Bantuan Untuk Warga Korban Banjir di OKU

“Lalu, melaksanakan pengebalan populasi terhadap ternak ruminansia di DKI Jakarta dengan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK), lumpy skin disease (LSD) dan Anthrax. Pemeriksaan ini dilakukan bersama dengan petugas gabungan,” ujarnya.

Selain itu, ia mengingatkan wilayah DKI Jakarta sebagai daerah konsumen yang akan menerima kedatangan hewan kurban dari luar. Maka akan dilakukan pencegahan penyebaran Penyakit Hewan Menular Strategis (PHMS).

“Kami melaksanakan beberapa upaya seperti menerapkan produser lalin hewan kurban. Ini sesuai Peraturan Menteri Pertanian RI,” jelasnya.

Dalam hal ini, Suharini berharap masyarakat bisa melaporkan kepada petugas Dinas KPKP DKI setiap wilayah. Ini dikhususkan jika ditemukan adanya hewan kurban yang sakit.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment