Pemprov dan Polda Sultra lakukan vaksinasi pelajaar di Kendari

30 August 2021 - 13:03 WIB
Tribratanews.polri.go.id - Kendari. Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaannya bersama Polda Sultra kembali melaksanakan vaksinasi pelajar di Kota Kendari.Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra, Drs. Asrun Lio MHum PhD, Minggu mengatakan, pelaksanaan vaksinasi tersebut bertempat di Ponpes Al-Mukhlis Lepolepo, SMAS Muhammadiyah, SMP/SMA Mua’dz Bin Jabal, SMPN Ibnu Abbas, SMPN 15, SMPS Kesehatan Mandonga, dan SMKS Kesehatan Mandonga.



Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra menerangkan, kegiatan vaksinasi pelajar tersebut bukan menjadi prasyarat mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM), tetapi untuk bisa belajar dengan baik maka siswa harus sehat, dan salah satu cara mencegah COVID-19 adalah melalui vaksinasi.


“Target vaksinasi ini adalah seluruh siswa SMA, SMK, dan SLB. Jika belum tuntas maka akan dilanjutkan kembali. Tentunya, siswa yang mendapatkan vaksin adalah yang telah mendapatkan izin orang tua melalui sekolah masing-masing,” jelas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra.


Terkait pelaksanaan PTM untuk tingkat SMA, SMK, dan SLB di Sultra, lanjut lulusan S3 The Australian National University (ANU) Canberra ini, tergantung dari situasi kasus Covid di Sultra. Jika kondisinya menurun maka kemungkinan akan ada pembelajaran PTM dengan jumlah yang dibatasi. Pembina Kerukunan Keluarga Baubau Buton (KKBB) Provinsi Sultra ini mengungkapkan, sebelumnya kegiatan vaksinasi telah dilakukan disejumlah sekolah, diantaranya SMAN 1 Kendari, MAN 1 Kendari, SMPN 5 Kendari, SMAN 4 Kendari, SMAN 8 Kendari, SMAN 10 Kendari, dan MTSN 2 Kendari.

Kapolda Sultra, Irjen Pol. Drs. Yan Sultra Indrajaya S.H., mengatakan, pihaknya siap memfasilitasi kegiatan vaksinasi pelajar di Provinsi Sultra, diantaranya dengan menyiapkan tim vaksinator. Kapolda juga mengatakan, dalam pelaksanaan teknis di lapangan, petugas kesehatan yang akan melakukan vaksin kepada siswa, lebih mengedepankan pelayanan humanis.



“Dalam menyukseskan vaksinasi pelajar ini, tim vaksinator jajaran Polda Sultra yang ada di setiap kabupaten kota di Sultra siap diturunkan. Untuk itu, setiap polres-polres akan bersiap melaksanakan kegiatan dimaksud. Tentu harapan kita melalui vaksinasi pelajar ini, para siswa dapat membentuk kekebalan tubuh terhadap virus, sehingga bisa terhindar dari penyebaran COVID-19 dan siap mengikuti proses pembelajaran dengan memiliki kesehatan prima,” jelas Kapolda Sultra.



Sebelumnya, pada pelaksanaan proses vaksinasi pelajar tahap pertama di Kota Kendari, Kapolda Sultra bersama Kadikbud Sultra melakukan kunjungan dan pemantauan secara langsung di lapangan. Kunjungan tersebut juga dilakukan oleh Kapolres Kendari bersama sejumlah pihak terkait lainnya.

Share this post

Sign in to leave a comment