Pemerintah Imbau Masyarakat Waspadai Cuaca Ekstrem saat Arus Mudik Lebaran

5 April 2024 - 15:00 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Pemerintah mengimbau masyarakat agar mewaspadai cuaca ekstrem saat arus mudik Lebaran 2024, khususnya di rute yang menyeberangi lautan.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto saat meninjau arus mudik di Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali.

 "Kami terus berkoordinasi dengan BMKG untuk memantau perkembangan cuaca di seluruh wilayah Indonesia. Pihak pelabuhan juga kami perintahkan terus berkomunikasi dengan BMKG setempat," tegas Menhub Budi, Kamis (4/4/24).

Baca Juga: Presiden Jokowi Lepas Bantuan untuk Palestina dan Sudan

Ia mengatakan, selain melengkapi fasilitas di sepanjang jalur mudik, kondisi cuaca juga menentukan kenyamanan dan keselamatan masyarakat yang mudik.

Khusus pelabuhan, Kemenhub sudah menambah sejumlah fasilitas seperti penambahan dermaga, pengerukan lokasi labuh kapal dari pendangkalan serta menambah armada kapal.

Hal senada juga disampaikan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo. Ia meminta pemeriksaan alat keselamatan di kapal rutin dilakukan karena cuaca setiap saat bisa berubah.

"Sebelum arus mudik mulai, kami dari berbagai institusi melakukan pemeriksaan kelengkapan alat keselamatan di kapal-kapal. Semua itu agar mudik berjalan aman," ujar Kapolri.

(ndt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment