Pasokan Rendah Jadi Penyebab Harga Minyak Goreng Tinggi

30 September 2024 - 10:30 WIB
RRI

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Deputi III Kepala Staf Kepresidenan Bidang Perekonomian, Dr. Ir. Edy Priyono, M.E., menyebutkan persoalan masih tingginya harga minyak goreng kemungkinan ada di hulu. Sebab realisasi pasokan minyak curah dan Minyakita tahun 2024 lebih rendah dibanding tahun lalu.

"Realisasi pasokan minyak goreng curah dan Minyak kita lebih rendah dibanding tahun lalu. Nah ini yang keliatannya menyebabkan kenaikan harga," ujarnya, dilansir dari laman RRI, Sabtu (28/9/24).

Dalam keterangannya ia mencontohkan pada Agustus lalu realisasi pasokan sebesar 183 ribu ton, sedangkan di tahun lalu mencapai 331 ribu ton. Kemudian bulan sebelumnya, di Juli realisasi pasokan sebesar 132 ribu ton, sementara tahun 2023 mencapai 254 ribu ton.

Begitupun seterusnya sejak Januari hingga Juni tercatat realisasi pasokan lebih rendah dibanding tahun lalu. Ia menegaskan bila mengacu pada data ini maka persoalannya bukan di hilir tetapi di hulu atau pelaku usaha.

Diakhir kesempatan ia juga menekankan bila pasokan rendah maka harga akan merangkak naik. Sehingga ia meminta agar upaya pengendalian dimulai di hulu, meski ia mengaku penanganannya tak mudah.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment