Pakar Kebencanaan Tekankan Pentingnya Mitigasi Kebencanaan Bagi WNI

15 September 2024 - 11:00 WIB
RRI

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Pakar Kebencanaan, Adi Maulana, menekankan pentingnya mitigasi kebencanaan bagi warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja di luar negeri. Hal itu sebagai bentuk kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana di negara yang mereka tempati.

"Masalah ini tidak terlalu sering diangkat ke permukaan. Padahal, memberikan pendidikan atau edukasi mitigasi bencana kepada WNI di luar negeri itu sangat penting," ujarnya, dilansir dari laman RRI, Sabtu (14/9/24).

Menurut dia, sejumlah alasan krusial pentingnya edukasi mitigasi kebencanaan ini. Hal itu terkait dengan keselamatan dan pemahaman budaya lokal serta kesiapsiagaan.

"Inilah alasan mengapa edukasi ini sangat diperlukan. Seperti misalnya untuk keselamatan dan perlindungan jiwa," jelasnya.

Dalam keterangannya ia mengungkapkan setiap negara memiliki potensi bencana berbeda-beda. Seperti, gempa bumi, tsunami, angin topan, dan banjir.

"Sehingga sangat penting bagi WNI yang berkunjung ke negara-negara tertentu. Barangkali dia tidak terbiasa dengan jenis bencana yang terjadi di sana," ujarnya.

Selanjutnya ia juga meyakini, edukasi kebencanaan ini akan membantu WNI dalam memahami risiko yang ada. Sehingga, WNI menjadi tahu cara melindungi diri jika terjadi bencana di negara yang dikunjungi.

"Yang paling penting juga, mereka harus diberitahu prosedur, evakuasi dan tindakan darurat. Karena WNI seringkali tidak familiar dengan prosedur evakuasi," jelasnya.

Diakhir kesempatan ia menyebutkan bahwa hal ini karena tingkat literasi bencana masyarakat di Indonesia masih sangat rendah. Dibandingkan di negara lain.

"Sehingga, penting bagi mereka untuk diberitahu. Utamanya tentang prosedur evakuasi dan tindakan darurat," jelasnya.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment