Pada Awal 2025, Kemenkominfo Perkirakan Pusat Data Nasional Mulai Aktif di Cikarang

10 August 2024 - 17:00 WIB
RRI

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika (Dirjen) Aptika, Hokky Situngkir, menyebutkan bahwa Kemenkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika), memperkirakan Pusat Data Nasional (PDN) Cikarang, mulai aktif digunakan pada tahun 2025.

"Yang jelas sih mungkin akan bisa jadi aktif, mungkin tahun depan (2025) awal," ujarnya, dilansir dari laman RRI, Jumat (8/8/24).

Dalam sesi diskusi Ngopi Bareng Media di Kantor Kemenkominfo, ia menyebut bahwa pembangunan proyek tersebut secara keseluruhan terus memberikan perkembangan. Namun, untuk menghindari terulangnya serangan siber seperti yang pernah terjadi di PDNS 2 Surabaya, pihaknya akan memperketat keamanannya.

Ia juga menyebutkan bahwa pemerintah telah menjadikan insiden tersebut sebagai bahan pelajaran. Sehingga dalam penyempurnaan keamanan PDN Cikarang akan terus dilakukan evaluasi bersama pihak terkait.

"Harus diakui bahwa berbagai lesson learned yang kita pelajari di insiden PDNS kemarin itu, mempengaruhi gimana kita memperbaiki proses pengembangan dan segala macamnya. Kaya misalnya evaluasi-evaluasi seperti beberapa aspek catatan, rekomendasi, security assessment," tutupnya.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment