Mulai Padat, Polisi Berlakukan One Way di Jalur Arteri Padalarang

19 April 2023 - 10:30 WIB
Foto: Instagram @Polrescimahi

Tribratanews.polri.go.id - CImahi. Dalam rangka menjelang mudik Lebaran tahun 2023 ini, puluhan ribu kendaraan roda dua dan roda empat sudah memadati ruas Jalan Raya Padalarang. One Way pun diberlakukan oleh polisi untuk memecah kepadatan. Berdasarkan pantauan, di Simpang Padalarang kendaraan dari arah Cianjur menuju Bandung mendominasi ketimbang dari arah sebaliknya pada Selasa (18/4/23) sekitar pukul 20.00 WIB.

Berdasarkan catatan Satlantas Polres Cimahi, sejak pukul 00.01 WIB sampai 19.00 WIB, 21.372 kendaraan masuk ke Gerbang Tol Padalarang Timur. Lalu 18.575 kendaraan keluar dari Gerbang Tol Padalarang Timur. Sementara di ruas Jalan Raya Padalarang, sejak pukul 08.00 WIB sampai 20.00 WIB, ada 12.376 kendaraan mengarah dari Cianjur ke Bandung. Lalu 12.169 kendaraan mengarah dari Bandung ke arah Cianjur.

"Sampai malam ini, arus lalu lintas di jalur mudik Padalarang ini terpantau ramai lancar dan masih terkendali," jelas Kapolres Cimahi, AKBP Aldi Subartono SH, S.I.K, MH., Selasa (19/4/23) malam.

Baca Juga:  Kapolda Metro Jaya Imbau Sopir Bus Bawa Pemudik Tidak Nyalakan Klakson Telolet

Pihaknya pun sempat memberlakukan dua kali one way sepenggal dari arah Padalarang menuju Bandung untuk mengurai kepadatan di Simpang Padalarang dan Simpang Cimareme.

"Tadi sore kami sempat lakukan 2 kali one way sepenggal untuk mengurai kepadatan. Karena ada aktivitas ngabuburit masyarakat dan bubaran pabrik, ditambah pergerakan pemudik. Lalu ada kepadatan juga di Cipatat, setelah kami terima laporan tim urai kita terjunkan ke sana. Alhamdulillah situasi kembali normal, pemudik bisa berjalan lagi," jelasnya lebih lanjut.

Pergerakan pemudik tidak terjadi dalam satu waktu. Namun hingga H-1 Idul Fitri diprediksi arus mudik akan semakin meriah berbarengan dengan cuti bersama yang jatuh pada 19 April.

"Kebetulan yang kerja belum libur, jadi untuk pergerakan pemudik masih minim. Puncaknya diprediksi H-3 sampai H-1 akan semakin meriah," tutupnya.

(my/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment