Momen Langka, Planet Mars dan Venus Akan Sejajar di Langit Bumi Malam Ini

21 June 2023 - 18:45 WIB
Foto: PMJNews

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Sebuah fenomena alam unik bakal  terjadi sebagai bentuk keajaiban pada titik balik musim panas. Peristiwa adanya dua planet sejajar akan hadir di langit Bumi pada Rabu (21/6/23) malam, di mana Mars dan Venus bakal berada di samping bulan sabit sehingga terlihat berdampingan di langit barat saat senja. 

Dilansir dari pmjnews, Rabu (21/6/23), titik balik musim panas terjadi dua kali dalam setahun, saat Matahari mencapai posisi tertinggi di langit selama musim panas.

Baca Juga:  Santap Daging Kurban Jangan Lupa Minuman Penurun Darah Tinggi Ini!

Pada titik balik musim panas, hari mempunyai durasi terpanjang dan malam terpendek dalam setahun. Usai 21 Juni, durasi hari akan mulai berkurang secara bertahap, menandai awal perubahan menuju musim gugur dan musim dingin. Fenomena astronomi ini memberikan pemandangan yang indah bagi pengamat bintang.

Dari informasi yang disajikan Live Science, hal ini merupakan kesempatan langka untuk mengamati peristiwa ini.  Bahkan, pengamat menyebutkan peristiwa serupa tidak akan terulang hingga 28 Maret 2028.

Bagi masyarakat dapat melihat bulan sabit dan akan terlihat lebih terang dan tampak semakin bertambah cahayanya.

(as/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment