Menko Airlangga Dorong Daerah Adopsi Transportasi Listrik

25 September 2024 - 09:00 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendorong berbagai daerah untuk mengadopsi transportasi massal listrik, salah satunya angkutan bus.

“Pemerintah juga mendorong untuk infrastruktur dalam bentuk transportasi bus. Memang kalau kita lihat, bus (listrik) itu Jakarta lebih progresif dibandingkan daerah lain,” ujar Menko Airlangga, Selasa (24/9/24).

“Tentu saya berharap bahwa daerah lain juga bisa segera mengikuti Jakarta agar penggunaan transportasi massal juga berbasis listrik,” tambah Menko Airlangga.

Kendati demikian, Ia menyadari bahwa saat ini tidak semua daerah di Indonesia siap untuk menerapkan energi hijau, termasuk transportasi umum yang lebih ramah lingkungan.

“Tidak semua daerah siap transportasi umum hijau. Daerah kalau dengan insentif fiskal bisa jalan, tapi kalau dilepas sulit. Perlu investasi, tapi sementara di beberapa daerah ini tidak biasa investasi, biasanya biaya operasional. Makanya kita perlu investasi hijau baru,” jelas Menko Airlangga.

Ia menyebut, penggunaan kendaraan listrik pada transportasi publik diharapkan terus meningkat hingga 2035. Untuk itu, kebijakan baru mengenai transportasi hijau, utamanya transportasi publik, sangat penting untuk dibentuk.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment