Menhub: SDM Berkualitas Jadi Tonggak Utama Kemajuan Sektor Transportasi

4 October 2024 - 18:19 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi terus mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) sektor transportasi karena menjadi salah satu tonggak utama keberhasilan dan kemajuan sektor transportasi.

"Keberhasilan dan kemajuan sektor transportasi sangat bergantung pada SDM berkualitas yang mampu merancang, memelihara, mengoperasikan, serta mengeksplorasi sistem transportasi. Untuk itu, pembangunan SDM sangat penting untuk mencetak talenta unggul Indonesia di sektor transportasi," ungkap Menhub, Jumat (4/10/24).

Menhub menekankan dalam 10 tahun terakhir, pembangunan masif pada sektor transportasi telah memperkuat fondasi ekonomi dan sosial Indonesia.

Pencapaian besar ini meliputi pembangunan infrastruktur fisik dan transformasi digital. Untuk itu, kata Menhub, SDM transportasi yang ada saat ini dan masa mendatang, perlu memperlengkapi diri agar mampu menghadapi transformasi digital serta kecanggihan infrastruktur terkini.

"SDM transportasi harus terus meng-upgrade diri agar bisa beradaptasi di tengah perubahan zaman yang begitu cepat. Pengembangan diri di antaranya bisa melalui program pendidikan dan pelatihan untuk mewujudkan sistem transportasi inovatif dan berkelanjutan," ujar Menhub.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment