Marshanda Dikabarkan Hilang di Amerika, Bagaimana Aturan Pencariannya?

28 June 2022 - 20:02 WIB

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Selebritas Indonesia Marshanda dikabarkan hilang di Los Angeles, Amerika Serikat. Informasi ini disampaikan oleh kolega artis itu, Sheila Salsabila, lewat akun media sosial, pada Senin (27/06/22).

"Warga Indonesia hilang di Los Angeles, California, AS. Dia tengah berada dalam Manic Episode (Psikosis: Keadaan pikiran yang berubah-ubah - gangguan bipolar)," tulis Sheila dalam akun Instagram-nya.

Menurut informasi yang Sheila ungkapkan di Instagram, Marshanda telah hilang di Amerika selama dua hari.

Sementara itu, bagaimana aturan pemerintah AS dalam mencari orang hilang?

Sebagaimana dikutip situs resmi Departemen Kepolisian Los Angeles (LAPD), orang dewasa yang dilaporkan hilang diselidiki dalam Unit Orang Hilang dari Dukungan Detektif dan Divisi Wakil. Unit tersebut dapat dihubungi di nomor 213-996-1800, dari pukul 07.000 hingga 16.00 waktu setempat.

Walaupun demikian, beberapa departemen kepolisian mungkin akan meminta pelapor untuk menunggu selama 24 hingga 72 jam sebelum menindaklanjuti laporan orang hilang, dikutip dari situs resmi pemerintah Michigan.

Menurut keterangan LAPD, orang di atas 18 tahun diklasifikan sebagai kasus orang hilang yang menimpa orang dewasa. LAPD sendiri memiliki cara yang berbeda dalam menangani kasus orang hilang dewasa dan kasus orang hilang remaja (17 tahun ke bawah).

LAPD juga menyampaikan untuk melaporkan kasus orang hilang, masyarakat bisa berkunjung ke pos LAPD di dekat tempat tinggal orang tersebut. Mereka juga bisa menghubungi nomor yang tertera di situs LAPD.

Setelah menghubungi LAPD, masyarakat harus memberikan informasi terkait orang hilang, seperti tanggal lahir, umur, deskripsi fisik, dan informasi medis.

Tak hanya itu, kepolisian juga membutuhkan lokasi orang hilang tersebut terakhir terlihat atau diketahui keberadaannya.

Jika kasus orang hilang ini membutuhkan waktu lama, pemerintah bakal menyarankan untuk menggunakan penyelidik swasta. Masyarakat juga diusulkan menggunakan poster untuk membantu pencarian.

Share this post

Sign in to leave a comment