Kurangi Polusi Udara yang Memburuk, Presiden Jokowi Dorong Pola Kerja Hybrid

14 August 2023 - 21:00 WIB
Foto: RRI

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Presiden Joko Widodo mendorong perkantoran untuk menggalakkan pola kerja hybrid untuk mengurangi polusi udara yang buruk.

"Jika diperlukan, kita harus berani melaksanakan hybrid working," ujar Presiden Jokowi, Senin (14/8/23). Ia melihat, selama beberapa hari terakhir, kualitas udara di Jabodetabek sangat buruk.

"Karena itu, harus ada intervensi cepat untuk memperbaiki kualitas udara Jabodetabek," tambah Presiden Jokowi.

Baca Juga:  Polisi Tangkap Pria Jual Data Palsu Nasabah Bank

Salah satunya dengan bekerja dari rumah atau secara hybrid. "Kami masih mencari kesepakatan soal durasinya, apakah 75-25 atau ada angka lainnya," ujar Presiden Jokowi.

Selain itu, Presiden Jokowi juga meminta untuk menjalankan rekayasa cuaca guna memancing hujan di kawasan Jabodetabek. "Tentunya dibarengi dengan regulasi untuk percepatan penerapan batas emisi khususnya di Jabodetabek," tuturnya.

Sedangkan dalam jangka menengah, pemerintah secara konsisten akan terus mengurangi penggunaan kendaraan berbasis fosil. Karena itu, Presiden mengimbau agar masyarakat lebih sering menggunakan transportasi umum.

"Bulan ini akan ada LRT yang segera dioperasionalkan, disusul oleh kereta cepat," jelas Presiden Jokowi. Selain itu akan dilakukan pula percepatan elektrifikasi kendaraan umum dengan bantuan pemerintah.

(ndt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment