KPU Koordinasi dengan Kepolisian Jelang Penetapan Paslon Pilkada

20 September 2024 - 21:00 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berkoordinasi dengan kepolisian menjelang penetapan pasangan calon peserta Pilkada 2024 pada Minggu (22/9) mendatang.

Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin mengatakan lembaganya sudah berkoordinasi dengan seluruh jajaran kepolisian pada semua level.

"Kami juga mendapat notifikasi, misalnya, daerah-daerah yang katakanlah kantor KPU-nya dianggap terbatas untuk adanya kegiatan yang mengundang banyak orang," jelas Ketua KPU RI, Jumat (20/9/24).

Selain itu, KPU RI menyarankan KPU daerah untuk mencari tempat yang lebih representatif manakala kantornya tidak memungkinkan untuk menampung banyak orang saat penetapan pasangan calon yang maju pada Pilkada Serentak 2024.

Hal tersebut juga merupakan rekomendasi dari pihak kepolisian karena alasan keamanan. "Itu juga antisipasi situasi-situasi yang tidak kami inginkan," ujar Ketua KPU RI.

Selain itu, pihak kepolisian juga telah memberikan rekomendasi pada daerah-daerah tertentu, terutama yang memiliki banyak kandidat pasangan calon kepala daerah, untuk melakukan deklarasi pemilu damai.

"Pihak keamanan juga memberikan rekomendasi pada daerah-daerah tertentu, khususnya yang calonnya banyak, untuk kemudian dilakukan penetapan dan juga nanti pengundian nomor urut, juga mungkin deklarasi pemilu damai di titik-titik yang dianggap aman dan kondusif," jelas Ketua KPU RI.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment