Korlantas Polri Sebut Truk Sumbu Tiga Masih Nekat Masuk Tol saat Arus Mudik dan Balik Libur Natal 2023

27 December 2023 - 12:15 WIB
pmjnews

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Masih banyaknya truk sumbu tiga yang nekat masuk tol saat arus mudik dan balik di libur Natal 2023 sehingga menyebabkan kemacetan. Hal tersebut disampaikan Dirregident Korlantas Polri Brigjen. Pol. Drs. Yusri Yunus di Simpang Gadog, Bogor, Jawa Barat.

"Kendaraan sumbu tiga yang ditemui di tol akan dikandangkan di kantung-kantung parkir hingga jelang tengah malam. Ada SKB (Surat Keputusan Bersama) tentang sumbu tiga, dalam ketentuan tidak boleh lewat di jalan tol, sampai dengan hari ini masih banyak, ini yang menghambat," jelas Dirregident Korlantas Polri, Selasa (26/12/23).
Baca Juga: Dinkes DKI Sediakan Ambulans dan Posko Pelayanan Kesehatan di Malam Tahun Baru 2024

"Jadi tolong para pengusaha-pengusaha ini mengerti bahwa ada aturan itu, karena itu yang menghambat (sehingga) terjadi kemacetan, dengan jalannya (kendaraan sumbu tiga) lambat sekali, sehingga mengakibatkan terjadinya kemacetan di beberapa titik," tambah Dirregident.

Brigjen. Pol. Drs. Yusri Yunus juga menjelaskan, kendaraan sumbu tiga yang akan melintasi tol akan dimasukkan ke kantung-kantung parkir hingga pukul 22.00 WIB.

"Jadi kalau ada yang masih tetap bersikeras mau jalan, silahkan saja, kita akan lakukan penindakan, kita akan kandangkan sampai dengan malam hari," ungkap Dirregident

Dirregident menambahkan, selain truk tiga sumbu, banyaknya masyarakat yang terlalu lama di tempat istirahat atau rest area juga menjadi salah satu penyebab kemacetan. Untuk itu diimbau kepada masyarakat tidak berlama-lama di dalam rest area saat arus mudik dan arus balik.

(bg/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment