Komnas Perempuan Apresiasi Kapolri dalam Penunjukan Polwan Isi Jabatan Strategis

24 June 2022 - 03:57 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Ketua Komnas Perempuan Andy Yentriyani mengapresiasinya penunjukan banyak polisi wanita (Polwan) dalam jabatan strategis di Polri, dan berharap kepemimpinan polwan di Korps Bhayangkara makin progresif.

"Kita mengapresiasi sekali dengan penunjukan di posisi strategis untuk rekan-rekan polisi wanita. Semoga ini menjadi sinyal positifnya untuk kepemimpinan perempuan yang lebih progresif di tubuh Polri, dan dengan penunjukan strategis ini, kita berharap makin banyak lagi polwan yang ditunjuk dalam posisi komando strategis, termasuk menjadi kapolda," jelas Ketua Komnas Perempuan.

Ketua Komnas Perempuan berharap rekrutmen polwan ditingkatkan dari sisi kuantitas, dan menilai sosok polwan dibutuhkan di banyak satuan kerja. "Kita bisa berharap ada rekrutmen polwan yang lebih banyak, karena memang jumlah polwan masih sedikit dan dibutuhkan di banyak tempat," jelasnya.

Menurut Ketua Komnas Perempuan, dipromosikannya para polwan dalam jabatan strategis dan kenaikan pangkat menjadi sinyal positif ke arah pembentukan Direktorat Tindak Pidana Kekerasan Perempuan. "Kami berharap ini juga sinyal positif direktorat khusus untuk penanganan kekerasan perempuan akan segera jadi. Direktorat ini sangat penting untuk mengantisipasi pelaporan-pelaporan yang ada dari pelaksanaan UU TPKS," jelasnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo kembali melakukan rotasi dan mutasi terhadap Perwira Tinggi dan Perwira Menengah. Dalam surat telegram No ST/1214/VI/KEP./2022, sebanyak 120 personel Polri dirotasi. Dari jumlah tersebut, terdapat satu Polisi Wanita (Polwan) yang mendapat kenaikan pangkat menjadi Inspektur Jenderal (Irjen) bintang dua yaitu Brigjen Juansih yang dipromosikan menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tk 1 Sespim Lemdiklat Polri.

Tidak hanya Brigjen. Pol. Juansih, terdapat satu Polwan yang diamanahkan sebagai Kapolres Bukittinggi, dan satu Polwan mendapat promosi menjadi Kabag Penum Divisi Humas Polri. Selain itu juga terdapat tiga Polwan yang menduduki jabatan strategis di wilayah yakni AKBP dr Siti Nur Imanta yang dipromosi sebagai Karumkit Tk 2 Bandung Polda Jabar. AKBP Titik Wahyuningsih sebagai Kabidkeu Polda Banten, Kombes. Pol. Endang Sri wahyu Utami Kabidkeu Polda Bali, Kombes. Pol. Heni Kresnowati Kabidkeu Polda Jabar dan Kombes. Pol. Yuliani Kabidkum Polda Banten.

Share this post

Sign in to leave a comment